Demo Blog

Nightwish

by metalrevolver on Nov.22, 2009, under ,


                                                    

Nightwish adalah band pengusung aliran symphonic power metal dan gothic metal yang dibentuk pada tahun 1996 di Kitee,Finlandia. Tuomas Holopainan sebagai sumber inspirasi berdirinya grup band ini membentuk formasi awal bersama 2 orang temannya Erno "Emppu" Vuorinen yang berprofesi sebagai gitaris akustik dan seorang penyanyi klasik, Tarja Turunen.
Pada awal terbentuknya, mereka bertiga membawakan lagu - lagu bernuansa akustik yang hampir keseluruhan lirik lagu ditulis sendiri oleh Holopainen. Proses rekaman demo album yang pertama dikerjakan secara mandiri dan selesai pada musim dingin tahun 1996 . "Nightwish" adalah judul lagu pada track pertama album demo ini yang pada akhirnya disepakati bersama menjadi nama grup band.

Setelah selesai dengan album demo pertamanya, ada sedikit perubahan persepsi yang timbul dari benak Holopainen tentang karakter vokal dari Tarja. Dengan konsep akustik karakter vokal Tarja terlalu kuat dan berat. Sehingga atas kesepakatan bersama gaya akustik yang semula menjadi konsep awal dirubah menjadi heavy metal yang memasukkan unsur instrumen elektrik dan drums.
Awal tahun 1997 Jukka "Julius" Nevalainen bergabung dengan grup pada posisi drums dan pada gitar elektrik tetap dimainkan oleh Emppu Vuorinen.

Angel Fall First (1997)

Angel Fall First adalah album demo kedua sekaligus album studio pertama Nightwish yang dikerjakan didalam studio label rekaman Finlandia, Spinefarm Records. Proses rekaman dikerjakan pada bulan Mei 1997 dan dirilis secara internasional bulan November 1997. "The Carpenter" menjadi single hits album demo kedua ini.
Samppa Hirvonen bergabung dalam grup pada posisi gitar bass, sedangkan Marianna Pellinen mengisi adittional keyboards dan penyanyi latar pada sesi live performance pertama Nightwish di kota asalnya, Kitee, Finlandia akhir tahun 1997.
Samppa digantikan oleh Sami Vanska pada posisi bassist dan Nightwish segera menyelesaikan tour yang sudah dijadwalkan sampai musin panas 1998.

Oceanborn (1998)

Oceanborn adalah album studio kedua Nightwish yang masih digarap oleh label rekaman yang sama pada album sebelumnya, Spinefarm Records. Proses rekaman berlangsung pada bulan Agustus 1998, rilis di Finlandia bulan Desember 1998 dan diluncurkan secara internasional pada awal musim semi 1999. Konsep album sedikit berbeda dari album sebelumnya, album ini terkesan lebih full power dan bertempo cepat pada beberapa track : "Passion and the Opera", "Stargazers", "Gethsemane", "Devil & the Deep Dark Ocean", "Sacrament of Wilderness" dan "The Pharaoh Sails to Orion". Sedang pada "Moondance", "Swanheart", dan " Walking in the Air" masih mengadopsi konsep lama yaitu irama folk dan religius.

Wishmaster (2000)

Wishmaster merupakan album studio ketiga Nightwish yang memulai proses rekaman pada bulan Januari 2000 dan rilis di Finlandia 19 Mei 2000. Konsep album ini terinspirasi tema kepahlawanan dari novel fantasi seperti Lord of the Ring. Konsep symphonic metal dengan tempo yang tidak terlalu cepat mendominasi beberapa track lagu pada album ini. Beberapa hits dalam album ini : "Two for Tragedy", "The Kinslayer", "Dead Boys Poem", dan "Come Cover Me".

Over the Hils and Far Away (2001)

Over the Hils and Far Away merupakan album extended play (EP) pertama Nightwish berisi beberapa buah lagu : "Over the Hills and Far Away", "10th Man Down", "Away", dan "Astral Romance" yang diaransemen ulang bersama Tony Kakko (Sonata Arctica) untuk mengisi posisi vokal pria yang sebelumya dinyanyikan oleh Tuomas Holopainan. Album EP ini diluncurkan tahun 2001.
Selang beberapa lama setelah merilis album ini ada sedikit masalah yang timbul didalam grup. Pemicunya adalah sikap Sami Vanska yang mulai kontra terhadap anggota lain. Banyak sekali perbedaan pendapat yang terjadi, sehingga selang beberapa waktu Nightwish vakum untuk sementara sambil menjernihkan keadaan.
Ewo Pohjola menawarkan bantuan kepada Holopainen menjadi manager baru Nightwish dan berupaya agar segala permasalahan yang terjadi dalam tubuh grup bisa segera teratasi dengan baik. Holopainen menyambut dengan baik tawaran tersebut dan memutuskan untuk mengaktifkan kembali Nightwish, tentu saja tanpa kehadiran Sami Vanska. Marco Hietala kemudian bergabung mengisi posisi bassist sekaligus penyanyi latar pria pada proses penggarapan album selanjutnya.

Century Child (2002)

Century Child merupakan album studio keempat Nightwish yang digarap oleh Spinefarm Records dan diluncurkan pada bulan Mei 2002.
Elemen live orkestra sangat banyak berperan dalam proses penggarapan album. Konsep album Century Child dirasakan lebih kuat dan dalam dibandingkan album-album terdahulu. Beberapa lagu hitsnya : "Bless the Child", "End of All Hope", "Dead to the World", "Slaying the Dreamer", dan "The Beauty of the Beast".
Tarja Turunen memutuskan meninggalkan masa lajangnya pada musim panas tahun 2003 dengan seorang pengusaha Argentina, Marcelo Cabuli.

Once (2004)

Once menjadi album studio kelima Nightwish yang dirilis Juni 2004 dibawah label Nuclear Blast Records. 9 track dari keseluruhan 11 track dalam album dipadukan dengan elemen full orkestra dari London Philharmonic Orchestra, dimana pada album-album sebelumnya Nightwish memakai grup orkestra asal Finlandia saja.
Setelah melakukan tour keliling dunia "The Once Tour" dan merilis The Best Album bertajuk "The Highest Hopes" pada September 2005, Nightwish melanjutkan penggarapan DVD live "End of an Era" yang diluncurkan Juli 2006.
Once menjadi album terakhir Tarja. Karena permasalahan komersil sudah mulai mengubah sikap Tarja dengan para personil lain, didukung persetujuan seluruh anggota akhirnya Holopainen mengeluarkan surat pemecatan terhadap Tarja.
Sekeluarnya dari Nightwish, Tarja memutuskan untuk bersolo karir. Dan dalam sesi live-nya Tarja kadang masih menyanyikan lagu-lagu Nightwish.

Dark Passion Play (2007)

Dark Passion Play adalah album studio keenam Nightwish dengan lead vocal Anette Olzon sebagai pengganti Tarja Turunen. Audisi vocalist dilakukan mulai bulan Maret 2006 dengan menseleksi demo tape yang sudah didaftarkan. Akhinya terpilihlah penyanyi asal Swedia, Anette Olzon (eks vocalist Alyson Avenue) sebagai pengisi formasi lead vocal pada Nightwish. Para fans Nightwish menyambut baik kehadiran Anette, sampai muncul persepsi baru bahwa formasi terakhir ini adalah era "New Nightwish". Proses recording berlangsung selama bulan September 2006 - Maret 2007 dan rilis 26 September 2007 dibawah label Spinefarm (Finlandia), Nuclear Blast (Eropa), dan Roadrunner.
Album Dark Passion Play mampu terjual lebih dari 130.000 sehari setelah album ini rilis. Sampai akhir tahun 2007 terjual lebih dari 700.000 keping, menempati posisi teratas diberbagai chart album Eropa seperti Finnish Albums Chart, Croatian Albums Chart, German Albums, Hungarian Albums Chart, dan Swedish Albums. Serta 4 kali penghargaan Platinum di Finlandia.
Beberapa Single dari album Dark Passion Play : "Amaranth", "Eva", "Bye Bye Beautiful", "The Islander", dan "Last of the Wilds".
* Konser official pertama bersama vokalis Annete Olzon digelar di Tel Aviv, Israel di bulan Oktober 2007, diikuti serentetan tour album keliling dunia dibeberapa negara di Eropa, USA, Kanada, Asia, dan Australia. Konser berakhir di bulan September 2009 tampil bersama Apocalyptica di Hartwall Arena.

Imaginaerum (2011)

Imaginaerum adalah album studio ketujuh Nightwish. Album Imaginaerum merupakan album kedua bersama vokalis Anette Olzon. Berkisah tentang perjalanan hidup seorang komposer yang meninggal dunia diusianya yang masih muda. Konsep fantasi dan full imajinasi terpapar jelas dalam beberapa lagunya. Diproduseri oleh sang keyboardist Tuomas Holopainen, Tero Kinnunen, dan Mikko Karmila. Proses rekaman berlangsung selama bulan April 2010 - Maret 2011 dan rilis 30 November 2011dibawah label Nuclear Blast dan Roadrunner Records. Album ini terjual lebih dari 500.000 keping sehari setelah rilis. Ditahun 2011-2012 album Imaginaerum menempati posisi teratas Finnish Album Chart, posisi 3 Swedish Album Chart, Swiss Top 100 Albums, dan UK Rock Chart, serta mampu menduduki posisi 2 US Top Hard Rock Albums. Beberapa lagu Hitsnya: "Storytime"(single), "The Crow, the Owl and the Dove" (single), "Last Ride of the Day", dan  "Taikatalvi".
* Menjelang akhir tahun 2012, Olzon menderita sakit yang cukup parah sampai harus absen dalam salah satu konser yang sudah dijadwalkan Nightwish di Denver, Colorado. Posisi vokal untuk sementara diisi oleh vokalis Kamelot, Elize Ryd dan Alissa White-Gluz (sekarang vokalis Arch Enemy). Karena situasi tersebut Nightwish menjadwalkan konser keliling dunia dengan posisi Olzon digantikan oleh vokalis After Forever, ReVamp: Floor Jansen.
* Awal Januari 2013 Anette Olzon resmi keluar dari Nightwish karena sedang hamil anak ke-3 dan posisinya digantikan secara resmi oleh Floor Jansen. Pada bulan Oktober 2013 Nightwish juga merekrut secara resmi pemain alat tiup, Troy Donockley.

Endless Forms Most Beautiful  (2015)

Endless Forms Most Beautiful adalah album studio kedelapan Nightwish. Proses recording berlangsung selama bulan Agustus - September 2014 di Röskö Campsite in Eno, Finlandia dilanjutkan take sesi orkestra pada bulan Oktober 2014 di Angel Studios, London. Album Endless Forms Most Beautiful resmi dirilis 27 Maret 2015 dibawah label Nuclear Blast. Album ini juga merupakan album perdana Nightwish bersama vokalis baru Floor Jansen dan pemain alat tiup, Troy Donockley secara resmi. Mengusung konsep yang sedikit berbeda dari album sebelumnya Imaginaerum, album Endless Forms Most Beautiful lebih condong ke arah "science and reason", terinspirasi dari konsep penemuan teori evolusi dari Charles Darwin and Richard Dawkins. Beberapa single hits dari album Endless Forms Most Beautiful: "Élan", "Endless Forms Most Beautiful", dan "My Walden". Dalam waktu seminggu setelah rilis, album ini terjual sampai 18.000 keping lebih di US. Menempati posisi teratas penjualan album terlaris di Finlandia, Cheznia, UK dan 2 kali sertifikasi Platinum di tahun 2015.

* Akhir November 2014 Nightwish merilis album live bertajuk Showtime, Storytime berisi behind the scene proses rekaman album Endless Forms Most Beautiful dimana saat itu posisi Jansen dan Donockley masih menjadi personil sementara saat tur, sampai proses pemecatan Olzon, dan pengangkatan secara resmi mereka berdua menjadi anggota tetap Nightwish.
* Bulan Agustus 2014 Nightwish mengeluarkan statement bahwa bahwa sang drummer sekaligus pembentuk band Nightwish, Jukka Nevalainen berencana mundur dari keanggotaan karena mengalami insomnia yang sangat parah dan harus beristirahat total dari aktivitas yang terlalu berat. Posisi drums digantikan sementara oleh drummer Wintersun, Kai Hahto.
* Desember 2015 Nightwish menjadi satu-satunya band metal Finlandia yang menjadi band utama konser besar di Wembley Arena, London. Penampilan Nightwish selama tur di London, dikemas dalam format DVD live, Vehicle of Spirit.
*Agustus 2016 Nightwish menggelar konser 20th Anniversary di Himos Areena, Finlandia. Di konser tersebut dihadiri oleh eks bassis, Sami Vänskä dan drummer, Jukka Nevalainen.
* Awal tahun 2017 Nightwish memutuskan untuk vakum. Sementara itu Floor Jansen fokus dengan kelahiran putra pertamanya.



Genres :
Symphonic metal, Gothic metal, Power metal


Formasi sekarang :
Tuomas Holopainen (keyboards, piano, lyrics)
Erno "Emppu" Vuorinen (lead guitars, classical guitar)
Jukka Nevalainen (drums, percussion)
Marco Hietala (bass, classical guitar, vocals)

Floor Jansen (vocals)
Troy Donockley (Uilleann pipes)
 
Website :
www.nightwish.com

Referensi :

www.wikipedia.org


Nightwish Free MP3
Wish I Had Angel Bless the Child End of All Hope
Slaying the Dreamer Dead to the World Bye Bye Beautiful
Nemo Passion And the Opera Ghost Love Score

Nightwish Galeri









NightwishVideos


0 comments more...

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Links