Demo Blog

Nightwish

by metalrevolver on Nov.22, 2009, under ,




Nightwish adalah band pengusung aliran symphonic power metal dan gothic metal yang dibentuk pada tahun 1996 di Kitee,Finlandia. Tuomas Holopainan sebagai sumber inspirasi berdirinya grup band ini membentuk formasi awal bersama 2 orang temannya Erno "Emppu" Vuorinen yang berprofesi sebagai gitaris akustik dan seorang penyanyi klasik, Tarja Turunen.
Pada awal terbentuknya, mereka bertiga membawakan lagu - lagu bernuansa akustik yang hampir keseluruhan lirik lagu ditulis sendiri oleh Holopainen. Proses rekaman demo album yang pertama dikerjakan secara mandiri dan selesai pada musim dingin tahun 1996 . "Nightwish" adalah judul lagu pada track pertama album demo ini yang pada akhirnya disepakati bersama menjadi nama grup band.

Setelah selesai dengan album demo pertamanya, ada sedikit perubahan persepsi yang timbul dari benak Holopainen tentang karakter vokal dari Tarja. Dengan konsep akustik karakter vokal Tarja terlalu kuat dan berat. Sehingga atas kesepakatan bersama gaya akustik yang semula menjadi konsep awal dirubah menjadi heavy metal yang memasukkan unsur instrumen elektrik dan drums.
Awal tahun 1997 Jukka "Julius" Nevalainen bergabung dengan grup pada posisi drums dan pada gitar elektrik tetap dimainkan oleh Emppu Vuorinen.

Angel Fall First (1997)

Angel Fall First adalah album demo kedua sekaligus album studio pertama Nightwish yang dikerjakan didalam studio label rekaman Finlandia, Spinefarm Records. Proses rekaman dikerjakan pada bulan Mei 1997 dan dirilis secara internasional bulan November 1997. "The Carpenter" menjadi single hits album demo kedua ini.
Samppa Hirvonen bergabung dalam grup pada posisi gitar bass, sedangkan Marianna Pellinen mengisi adittional keyboards dan penyanyi latar pada sesi live performance pertama Nightwish di kota asalnya, Kitee, Finlandia akhir tahun 1997.
Samppa digantikan oleh Sami Vanska pada posisi bassist dan Nightwish segera menyelesaikan tour yang sudah dijadwalkan sampai musin panas 1998.

Oceanborn (1998)

Oceanborn adalah album studio kedua Nightwish yang masih digarap oleh label rekaman yang sama pada album sebelumnya, Spinefarm Records. Proses rekaman berlangsung pada bulan Agustus 1998, rilis di Finlandia bulan Desember 1998 dan diluncurkan secara internasional pada awal musim semi 1999. Konsep album sedikit berbeda dari album sebelumnya, album ini terkesan lebih full power dan bertempo cepat pada beberapa track : "Passion and the Opera", "Stargazers", "Gethsemane", "Devil & the Deep Dark Ocean", "Sacrament of Wilderness" dan "The Pharaoh Sails to Orion". Sedang pada "Moondance", "Swanheart", dan " Walking in the Air" masih mengadopsi konsep lama yaitu irama folk dan religius.

Wishmaster (2000)

Wishmaster merupakan album studio ketiga Nightwish yang memulai proses rekaman pada bulan Januari 2000 dan rilis di Finlandia 19 Mei 2000. Konsep album ini terinspirasi tema kepahlawanan dari novel fantasi seperti Lord of the Ring. Konsep symphonic metal dengan tempo yang tidak terlalu cepat mendominasi beberapa track lagu pada album ini. Beberapa hits dalam album ini : "Two for Tragedy", "The Kinslayer", "Dead Boys Poem", dan "Come Cover Me".

Over the Hils and Far Away (2001)

Over the Hils and Far Away merupakan album extended play (EP) pertama Nightwish berisi beberapa buah lagu : "Over the Hills and Far Away", "10th Man Down", "Away", dan "Astral Romance" yang diaransemen ulang bersama Tony Kakko (Sonata Arctica) untuk mengisi posisi vokal pria yang sebelumya dinyanyikan oleh Tuomas Holopainan. Album EP ini diluncurkan tahun 2001.
Selang beberapa lama setelah merilis album ini ada sedikit masalah yang timbul didalam grup. Pemicunya adalah sikap Sami Vanska yang mulai kontra terhadap anggota lain. Banyak sekali perbedaan pendapat yang terjadi, sehingga selang beberapa waktu Nightwish vakum untuk sementara sambil menjernihkan keadaan.
Ewo Pohjola menawarkan bantuan kepada Holopainen menjadi manager baru Nightwish dan berupaya agar segala permasalahan yang terjadi dalam tubuh grup bisa segera teratasi dengan baik. Holopainen menyambut dengan baik tawaran tersebut dan memutuskan untuk mengaktifkan kembali Nightwish, tentu saja tanpa kehadiran Sami Vanska. Marco Hietala kemudian bergabung mengisi posisi bassist sekaligus penyanyi latar pria pada proses penggarapan album selanjutnya.

Century Child (2002)

Century Child merupakan album studio keempat Nightwish yang digarap oleh Spinefarm Records dan diluncurkan pada bulan Mei 2002.
Elemen live orkestra sangat banyak berperan dalam proses penggarapan album. Konsep album Century Child dirasakan lebih kuat dan dalam dibandingkan album-album terdahulu. Beberapa lagu hitsnya : "Bless the Child", "End of All Hope", "Dead to the World", "Slaying the Dreamer", dan "The Beauty of the Beast".
Tarja Turunen memutuskan meninggalkan masa lajangnya pada musim panas tahun 2003 dengan seorang pengusaha Argentina, Marcelo Cabuli.

Once (2004)

Once menjadi album studio kelima Nightwish yang dirilis Juni 2004 dibawah label Nuclear Blast Records. 9 track dari keseluruhan 11 track dalam album dipadukan dengan elemen full orkestra dari London Philharmonic Orchestra, dimana pada album-album sebelumnya Nightwish memakai grup orkestra asal Finlandia saja.
Setelah melakukan tour keliling dunia "The Once Tour" dan merilis The Best Album bertajuk "The Highest Hopes" pada September 2005, Nightwish melanjutkan penggarapan DVD live "End of an Era" yang diluncurkan Juli 2006.
Once menjadi album terakhir Tarja. Karena permasalahan komersil sudah mulai mengubah sikap Tarja dengan para personil lain, didukung persetujuan seluruh anggota akhirnya Holopainen mengeluarkan surat pemecatan terhadap Tarja.
Sekeluarnya dari Nightwish, Tarja memutuskan untuk bersolo karir. Dan dalam sesi live-nya Tarja kadang masih menyanyikan lagu-lagu Nightwish.

Dark Passion Play (2007)

Dark Passion Play adalah album studio keenam Nightwish dengan lead vocal Anette Olzon sebagai pengganti Tarja Turunen. Audisi vocalist dilakukan mulai bulan Maret 2006 dengan menseleksi demo tape yang sudah didaftarkan. Akhinya terpilihlah penyanyi asal Swedia, Anette Olzon (eks vocalist Alyson Avenue) sebagai pengisi formasi lead vocal pada Nightwish. Para fans Nightwish menyambut baik kehadiran Anette, sampai muncul persepsi baru bahwa formasi terakhir ini adalah era "New Nightwish".
Beberapa Single dari album Dark Passion Play : "Amaranth", "Eva", "Bye Bye Beautiful", "The Islander", dan "Last of the Wilds".


Genres :
Symphonic metal, Gothic metal, Power metal


Formasi sekarang :
Anette Olzon (vocals)
Tuomas Holopainan (keyboards, piano, lyrics)
Erno "Emppu" Vuorinen (lead guitars, classical guitar)
Jukka "Julius" Nevalainen (drums, percussion)
Marco Hietala (bass, classical guitar, vocals)

Website :
www.nightwish.com

Referensi :

www.wikipedia.org


Nightwish Free MP3
Wish I Had Angel Bless the Child End of All Hope
Slaying the Dreamer Dead to the World Bye Bye Beautiful
Nemo Passion And the Opera Ghost Love Score

Nightwish Galeri










NightwishVideos


Bye Bye Beautiful


Slaying the Dreamer (Live)


Ghost Love Score (Live)


Dark Chest of Wonders (Live)



Original Albums





















0 komentar more...

0 komentar

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Links

Referral