Demo Blog

Machine Head

by metalrevolver on Nov.22, 2009, under


Machine Head adalah band trash metal asal Oackland, California yang didirikan tahun 1992. Formasi awal Machine Head terdiri dari Robb Flynn (vokal, gitar), Adam Duce (bass), Logan Mader (gitar), dan Tony Constanza (drums). Band ini termasuk deretan band pelopor the New Wave of American Heavy Metal.
Robb Flynn dulunya tergabung dalam band Vio-lence, namun setelah kejadian pertikaian anggota Vio-lence dengan anggota gang setempat, Flynn memutuskan keluar dari grup. Bersama dengan Adam Duce, Flynn membentuk Machine Head dengan merekrut gitaris Logan Mader dan drummer Tony Constanza. Selang beberapa lama, Machine Head menggarap album demo pertamanya secara mandiri dan Roadrunner Records bersedia teken kontrak dengan Machine Head untuk memproduksi debut album mereka.




Burn My Eyes (1994)

Burn My Eyes adalah debut album Machine Head yang dirilis bulan Agustus 1994 dibawah label Roadrunner Records. Album Burn My Eyes dikerjakan di Fantasy studios yang berlokasi di Barkeley, California. Tema yang diangkat sebagai konsep album Burn My Eyes adalah kondisi sosial masyarakat yang tidak teratur serta tekanan yang dirasakan para personil grup dalam upaya memperkenalkan keberadaan mereka dalam masyarakat. Hampir semua lirik lagu ditulis oleh Flynn.
Burn My Eyes mampu terjual sampai 400.000 keping lebih diseluruh dunia, menempati posisi #25 U.K Albums Chart, serta #25 pada chart album di Swedia. Beberapa hitsnya: "Old", "Dividian", dan "I'm Your God Now".

► Tidak lama setelah album Burn My Eyes diproduksi, Constanza keluar dari Machine Head dan posisinya digantikan oleh Chris Kontos.
► Sebagai ajang promosi debut albumnya, Machine Head menjadwalkan tour pertamanya sebagai band pembuka konser Slayer di Eropa pada pertengahan tahun 1994. Dilanjutkan dengan penampilannya bersama Slayer pada awal tahun 1995.
► Kredibilitas Kontos kurang mendapat simpati personil lain. Khususnya pada event live, Kontos sering absen. Pada akhirnya Kontos dipecat dan digantikan oleh Dave McClain. Kontos melanjutkan karirnya sebagai drummer Testament.

The More Things Change (1997)

The More Things Change merupakan album studio kedua Machine Head. Proses rekaman berlangsung pada tahun 1996 dan dirilis bulan maret 1997 dibawah label Roadrunner Records. Album The More Things Change menempati peringkat #138 pada chart The Billboard 200. Beberapa hitsnya : "Ten Ton Hammer", "Take My Scars", dan "The Possibility of Live's Destruction".

► Sebagai ajang promosi album The More Things Change, Machine Head mengikuti event besar Ozzfest untuk yang pertama kali.
► Karena beberapa masalah yang dialami Mader dengan anggota lain termasuk kecanduanya dengan methamfetamin, memaksa Mader harus keluar dari Machine Head. Karena situasi ini terjadi pada saaat tour berjalan, maka posisi Mader segera digantikan oleh Ahrue Luster.

The Burning Red (1999)

The Burning Red adalah album studio ketiga Machine Head. Proses rekaman dikerjakan mulai pertengahan tahun 1998 dan selesai awal tahun 1999. Rilis Agustus 1999 dibawah label Roadrunner Records. Album The Burnig Red membawa konsep yang agak berbeda dari album-album sebelumnya, seperti pemakaian gaya vokal rap. Ahrue Luster membawa pengaruh yang dominan pada konsep album ini. The Burning Red menjadi album Machine Head yang paling laris dipasaran, menempati urutan kedua the best selling album di Amerika Serikat, serta menduduki posisi #88 pada chart The Billboard 200. Beberapa hitsnya : "The Blood, the Sweat, the Tears", "Silver", dan "From This Day".

Supercharger (2001)

Supercharger merupakan album studio keempat Machine Head. Digarap seteleh menyelesaikan jadwal tour The Burning Red dan dirilis Oktober 2001 dibawah label Roadrunner Records. Namun tidak seperti album sebelumnya, dimana Ross Robinson yang bertindak sebagai produser, album Supercharger dipercayakan pada Johny K sebagai pimpinan tim produksi. Sampai tahun 2002 album Supercharger terjual lebih dari 250.000 keping serta menempati posisi #115 chart The Billboard 200. Beberapa hitsnya : "Crashing Around You", "Bulldozer", dan "Deafening Silence".

Machine Head menggarap album live "Hellalive" setelah selesai tour Supercharger bersama Roadrunner Records, proses rekaman dikerjakan digedung pertunjukan Brixton Academy dan dirilis bulan Maret 2003.
► Ahrue Luster keluar dari Machine Head tahun 2002 dan digantikan sementara oleh gitaris band Vio-lence, Phil Demmel. Demmel bermain bersama Machine Head dalam berbagai event, termasuk festival With Full Force yang diselenggarakan di Jerman.
► Maret 2003, Demmel memutuskan untuk bergabung sebagai anggota tetap Machine Head dan bersama-sama mempersiapkan materi untuk album berikutnya.

Through the Ashes of Empires (2003)

Through the Ashes of Empires adalah album studio kelima Machine Head. Proses rekaman berlangsung pada bulan Juni-Juli 2003, dirilis dibawah label Roadrunner International untuk kawasan pemasaran di Inggris, Eropa, dan Australia pada bulan Desember 2003 dan bulan April 2004 untuk daerah pemasaran di Amerika Utara.
Konsep album Through the Ashes of Empires menyuguhkan kembali konsep lama seperti pada album Burn My Eyes dan The More Things Change, yang kental dengan karakter darker, heavier groove, dan sheer aggression. Berpadu dengan sound melodic yang disuguhkan pada album The Burning Red dan Supercharger. Album ini mampu menduduki posisi #88 pada chart The Billboard 200. Beberapa hitsnya : "Imperium", "Days Turn Blue to Grey", dan "Seasons Wither".

► Bulan Desember 2004, Machine Head merilis album DVD live concert bertempat di Brixton Academy dan menempati posisi #13 pada chart video musik di Amerika Serikat.
Mesin Head tampil di depan 40.000 fans pada event Wacken Open Air festival tahun 2005.

The Blackening (2007)

The Blackening adalah album keenam Machine Head yang digarap pertengahan tahun 2006 dan direkam di studio Sharkbite, California. The Blackening rilis bulan Maret 2007 dibawah label Roadrunner Records.
Album ini merupakan pencapaian yang luar biasa dari awal grup ini berdiri. Dibuktikan dengan album mampu menempati posisi #53 pada chart The Billboard 200, mampu terjual sampai 16.000 keping hanya dalam waktu 1 minggu setelah rilis, dan menempati posisi Top 20 di beberapa negara di Eropa.
Lirik lagu dalam album The Blackening bertemakan cinta, peperangan, kebencian dalam masyarakat, organisasi agama, serta semangat hidup. Salah satu lagu berjudul "Aesthetics of Hate"
didedikasikan untuk musisi Dimebag Darrell (Damageplan) yang meninggal karena dibunuh pada bulan Desember 2004.

► Sebagai ajang promosi album The Blackening, Machine Head mengikuti beberapa event. Tour di Amerika bersama Trivium dan Lamb of God pada awal tahun 2007, bulan April 2007 sebagai band pembuka konser Megadeth dan Heaven & Hell, serta menggelar beberapa tour di Eropa, Jepang, dan Australia pada event The Black Crusade bersama Trivium, Arch Enemy, Dragon Force, dan Shadows Fall.
► Bulan Juni 2007, Machine Head memenangkan kategori the Best Album dari Metal Hammer awards dan kategori Album of the Year dari Kerrang!.
► Awal tahun 2008, Machine Head tampil dalam tour Eropa bersama Slipknot dan tour di Australia bersama Slipknot dan Children of Bodom.
► Tour 2010 Machine Head mengikuti tour di beberapa negara Eropa dan Inggris bersama Hatebreed, All Shall Perish, dan Bleeding Through.



Genres :
Heavy metal, Trash metal

Formasi sekarang :
Phil Demmel (guitar)
Adam Duce (bass guitar, backing vocals)
Robb Flynn (lead vocals, guitar)
Dave McClain (drums)

Website :
www.machinehead1.com

Referensi :
www.wikipedia.org



Machine Head Galeri



Machine Head Video

Imperium









0 komentar more...

0 komentar

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Links

Referral