Demo Blog

Killswitch Engage

by metalrevolver on Nov.22, 2009, under


Band Info Discography Wallpapers Klip Video

Killswitch Engage adalah band aliran metalcore yang berdiri tahun 1999 di Westfield, Massachusetts yang dimotori oleh bassis Overcast, Mike D'Antonio dan gitaris Aftershock, Adam Dutkiewicz. Setelah dua band tersebut bubar, Mike dan Dutkiewicz merekrut gitaris Aftershock, Joel Stroetzel dan Jesse Leach dari band Nothing Stays Gold sebagai vokalis, sedangkan Dutkiewicz mengisi posisi drums. Setelah formasi personil band lengkap, band tersebut dinamai Killswitch Engage. Nama Killswitch Engage diambil dari salah satu judul episode film seri The X Files : Kill Switch. Killswitch Engage teken kontrak dengan Ferret Music milik Carl Severson untuk pendistribusian album debutnya, Killswitch Engage. Carl Severson saat itu juga masih bekerja di perusahaan Roadrunner Records.


Killswitch Engage (2000)

Killswitch Engage adalah debut album Killswitch Engage. Proses rekaman dikerjakan selama tahun 1999 - 2000 dan dirilis bulan Juli 2000 di Amerika. Tahun 2005 album Killswitch Engage dirilis ulang dan terdapat bonus 4 track demo tahun 1999 dibawah label Ferret Music. Album ini kurang menuai sukses di pasaran serta tidak masuk dalam peringkat chart album dimanapun. Beberapa hitsnya : "Temple from the Within", "Vide Infra", "Irreversal", dan "In the Unblind".

► Setelah album Killswitch Engage rilis, Killswitch Engage mengadakan beberapa pertunjukan sebagai ajang promo album. Beberapa industri rekaman kecil menawarkan kontrak kerja pendistribusian album selanjutnya. Pada akhirnya Killswitch Engage menjalin kerjasama dengan Roadrunner Records dan mulai menggarap materi album keduanya, Alive or Just Breathing. Selang beberapa lama Pete Courtese direkrut mengisi posisi gitar.

Alive or Just Breathing (2002)

Alive or Just Breathing merupakan album studio kedua Killswitch Engage. Proses recording dikerjakan pada bulan Oktober 2001 - Februari 2002 dan dirilis bulan Mei 2002 dibawah label Roadrunner Records. Proses mixing digarap di Backstage Studios pada bulan Januari 2002 dibawah arahan produser Andy Sneap. Konsep album Alive or Just Breathing murni bernuansa heavy metal dengan sound standar dan tidak terlalu banyak memasukkan materi sound elektrik modern yang sedang tren pada saat itu. Album Alive or Just Breathing mulai mengangkat popularitas Killswitch Engage. Album ini menduduki posisi #37 chart Top Heatseekers di majalah Billboard dan posisi #122 chart album di Inggris. Beberapa lagu hitsnya : "Fixation on the Darkness", "My Last Serenade" (single), "Self Revolution" (single), dan "Life to Lifeless".

► Setelah album Alive or Just Breathing rilis, Killswich Engage merekrut drummer Aftershock, Tom Gomes dan Dutkiewicz mengisi posisi gitar lead menggantikan Pete Courtese. Pete Courtese keluar dari Killswich Engage tahun 2001 sebelum album Alive or Just Breathing selesai digarap.
► Setelah Jesse Leach menikah pada bulan April 2002, mulai terlihat perubahan yang significant pada performa dan segi emosional Leach. Tampak dari gaya vokal screaming Leach pada saat konser yang terlihat sangat emosional dan kurang tehnik. Pada akhirnya Leach memutuskan keluar dari Killswich Engage dengan mengirimkan email kepada salah satu personil band. Sebagai pengganti Leach, Killswich Engage merekrut vokalis Blood Has Been Shed, Howard Jones. Pada saat tour Hellfest 2002, Howard Jones tampil bersama Killswitch Engage dan menyanyikan beberapa buah lagu bergaya vokal hardcore yang berbeda dengan gaya vokal Leach.
Killswitch Engage melanjutkan tour di Inggris dan Belanda, tampil bersama 36 Crazyfists dan Five Pointe O. Setelah tour Ozzfest 2003, drummer Gomes keluar dari Killswitch Engage. Gomes keluar dari grup karena ingin lebih banyak meluangkan waktu untuk keluarganya serta lebih fokus dengan band yang didirikannya, Something of a Silhouette. Posisi Gomes digantikan oleh Justin Foley (Blood Has Been Shed, Red Tide) dan Killswitch Engage melanjutkan tour MTV2 Headbangers Ball tahun 2003.

The End of Heartache (2004)

The End of Heartache merupakan album studio ketiga Killswitch Engage. Proses rekaman dikerjakan di Zing Studios, Westfield, Massachusetts bulan Desember 2003 - Januari 2004 dan rilis bulan Mei 2004 dibawah label Roadrunner Records. Album The End of Heartache adalah album pertama dengan vokalis Howard Jones. Konsep sound bernuansa full brutality dengan gaya vokal hardcore yang sangat khas dari Howard Jones. Album The End of Heartache menuai sukses dengan hasil penjualan album mencapai 38.000 keping dalam waktu satu minggu setelah rilis. Album ini mendapat sertifikasi gold dari RIAA bulan Desember 2007 dengan hasil penjualan album mencapai 500.000 keping di Amerika Serikat, menempati posisi #21 chart The Billboard 200 tahun 2004, serta posisi #39 chart album di Australia. Beberapa lagu hitsnya : "When Darkness Falls", "Rose of Sharyn", "The End of Heartache" (single), dan "Wasted Sacrifice".

►Pertengahan tahun 2004, Killswitch Engage menjadwalkan tour di Australia tampil bersama Anthrax. Tour di Amerika Serikat dalam event U.S Jagermusic, mendukung penampilan utama Slayer, Killswitch Engage tampil bersama From Autumn to Ashes, Eighteen Visions, dan 36 Crazyfists. Dilanjutkan tour dalam event Ozzfest yang diselenggarakan pada musim panas tahun 2005.
► Single "The End of Heartache" menjadi OST film Resident Evil: Apocalypse dan dinominasikan dalam ajang Grammy Awards 2005 kategory the Best Metal Performance.
► Bulan November 2005, album Alive or Just Breathing dirilis ulang sebagai bagian peringatan Roadrunner Records' 25th anniversary. Pada bulan yang sama Killswitch Engage merilis album DVD, (Set This) World Ablaze. Album ini berisi sesi live performance Killswitch Engage saat konser di Palladium, Worcester, Massachusetts dan semua klip video Killswitch Engage. Album DVD, (Set This) World Ablaze mendapat sertifikasi Gold dari RIAA bulan April 2006.
► Pada saat penampilan Killswitch Engage dalam event Reading and Leeds Festivals di Australia bulan Agustus 2006, Dutkiewicz absen karena harus menjalani perawatan medis cedera punggung yang dideritanya.

As Daylight Dies (2006)

As Daylight Dies adalah album studio Killswitch Engage. Proses rekaman dikerjakan tahun 2006 serta rilis di Amerika dan Inggris pada bulan November 2006 dibawah label Roadrunner Records. Album As Daylight Dies mampu terjual sampai 60.000 keping dalam waktu satu minggu setelah rilis, menempati posisi #32 chart The Billboard 200, #29 chart album di Australia, serta dianugerahi sertifikasi Gold dari RIAA pada bulan Juni 2009. Beberapa lagu hitsnya : "The Arms of Sorrow" (single), "My Curse" (single), "Desperate Times", dan "Reject Yourself".

► Single "The Arms of Sorrow" menduduki peringkat #30 dan "My Curse" posisi #21 pada chart Hot Mainstream Rock di Amerika Serikat.
► Awal tahun 2007, Killswitch Engage membatalkan tiga jadwal tour Eropa bersama The Haunted karena permasalahan cedera punggung Dutkiewicz. Untuk event tour, Dutkiewicz digantikan sementara oleh gitaris Soilwork, Peter Wichers. Pada event No Fear Tour, posisi Dutkiewicz diisi oleh Patrick Lachman (Damageplan) dan event Warped Tour digantikan lagi oleh teknisi gitar Killswitch Engage, Josh Mihlek. Dutkiewicz kembali aktif dalam grup pada bulan Agustus 2007.
► Bulan Maret - Mei 2009, Killswitch Engage tampil dalam event yang diselenggarakan Disturbed, Music as a Weapon IV, tampil bersama Lacuna Coil, Chimaira, dan Suicide Silence.

Killswitch Engage (2009)

Killswitch Engage adalah album studio kelima Killswitch Engage. Proses rekaman dikerjakan pada tahun 2008 - 2009 dan rilis bulan Juni 2009 dibawah label Roadrunner Records. Judul album diambil dari nama grup mereka sendiri, sama dengan album debut pada awal karir Killswitch Engage yang dirilis tahun 2000. Dalam waktu satu minngu setelah rilis, hasil penjualan album mencapai 58.000 keping, menempati posisi #7 chart The Billboard 200, #3 chart album di Austria, dan #12 chart album di Australia. Beberapa lagu hitsnya : "Reckoning" (single), "Starting Over" (single), "Take Me Away" (single), dan "Save Me".

► Sebagai ajang promosi album, Killswitch Engage menjadwalkan tour tampil bersama Dark Tranquillity dan The Devil Wears Prada.


Genres :
Metalcore

Formasi sekarang :

Howard Jones (lead vocals)
Adam Dutkiewicz (lead guitar, backing vocals)
Joel Stroetzel (rhythm guitar)
Mike D'Antonio (bass)
Justin Foley (drums, percussion)

Website :
www.killswitchengage.com

Referensi :
www.wikipedia.org




Killswitch Engage Galeri


Killswitch Engage Video

The End of Heartache


My Last Serenade


When Darkness Falls (Live)


World Abaze (Live)


0 comments more...

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Links