Demo Blog

Mercenary

by metalrevolver on Nov.22, 2009, under ,





Mercenary dalah band pengusung aliran Melodic Death Metal asal Aalborg, Denmark yang didirikan oleh sang bassis, Henrik "Kral" Andersen tahun 1991 dan masih aktif sampai sekarang. Formasi awal band Mercenary antara lain: Henrik "Kral" Andersen (bass, growl vocal), Nikolaj Brinkman (lead guitar), Jakob Mølbjerg (rhythm guitar), dan Rasmus Jacobsen (drums). Konsep musik Mercenary pada awalnya murni beraliran death metal karena hanya memakai Growl pada sisi vokalnya, namun saat proses album perdananya, First Breath, Mercenary mulai memasukkan elemen trash metal dengan menghadirkan vokal clean pada beberapa lagunya. Nama band Mercenary terinspirasi dari lirik lagu Slayer yang berjudul "Ghosts of War". Mercenary merilis dua album demo, Domicile (1993) dan Gummizild (1994) dan setelah teken kontrak dengan Black Day Records, Mercenary merilis album EP pertamanya, Supremacy tahun 1996. Tahun 1997 Mercenary menandatangani kontrak dengan label asal Denmark, Serious Entertainment dan mulai menyiapkan materi debut albumnya, First Breath. Band Mercenary sangat terpengaruh dengan gaya musik band-band death metal asal Skandinavia seperti In Flames, Soilwork, dan Nevermore.


First Breath (1998)

First Breath adalah debut album Mercenary. Proses recording dikerjakan menjelang akhir tahun 1997 di Aabenraa Studio, Denmark dan rilis bulan Januari 1998 dibawah label Hammerheart Records. Konsep musik dalam hampir setiap lagunya sangat kental bernuansa pure death metal. Beberapa lagu hitsnya: "Symbiotic", "Horizon",  "Next to Nothing", dan "Sister Jane".

 ► Tahun 2000 lead gitar Nikolaj Brinkman memutuskan untuk keluar dari grup dan posisinya digantikan oleh Signar Petersen.
 ► Tahun 2002 Mercenary menambahkan element keyboard dan clean vokal untuk materi album berikutnya. Direkrutlah Morten Sandager (keyboard) dan saudaranya, Mikkel Sandager (clean vokal). Dengan formasi terbarunya, Mercenary mampu menghasilkan harmonisasi sound yang lebih kaya dengan balutan melodi yang lebih keras dan agresif.
 ► Mercenary juga berpartisipasi dalam event ProgPower Musik Festival di Amerika Serikat pada awal tahun 2002.

Everblack (2002)

 

Everblack adalah album studio kedua Mercenary. Rekaman album dikerjakan awal tahun 2002 masih di studio yang sama dengan album sebelumnya Aabenraa Studio, Denmark. Album Everblack diluncurkan ke pasaran 11 Maret 2002 dibawah label Hammerheart Records. Konsep musik masih dominan bergenre death metal, namun sudah mulai ditambahkan element trash metal dengan karakter clean vokal yang dibawakan vokalis barunya, Mikkel Sandager. Beberapa lagu hitsnya: "Everblack", "Bloodrush", "Screaming from the Heavens"  dan  "A Darker Shade of Black".

 ► Setelah album kedua ini rilis, Mercenary mengalami pergantian personil. Gitaris Signar Petersen keluar dari grup karena alasan pribadi dan drummer Rasmus Jacobsen dipecat dari Mercenary karena terlalu sibuk dengan proyek pribadinya sehingga mengesampingkan tanggung jawab penuhnya terhadap grup Mercenary. Selang beberapa lama posisi mereka digantikan oleh dua orang teman lama Kral, Mike Park Nielsen (drums) dan Martin Buus Pedersen (lead guitar). 
  ►Dengan formasi barunya, Mercenary mulai menggarap materi album berikutnya dan teken kontrak dengan label besar, Century Media Records.

11 Dreams (2004)

11 Dreams merupakan album studio ketiga Mercenary. Proses rekaman dikerjakan awal tahun 2004 di Lund and Hansen Studios, Denmark. Album 11 Dreams dirilis pertama kalinya dibawah label Century Media tanggal 23 Agustus 2004. Konsep album masih sama dengan album sebelumnya Everblack, perpaduan karakter Growl ala death metal dan clean vokal trash metal berpadu sangat apik, sangat progresif dalam hampir setiap lagunya. Album 11 Dreams menuai sukses, pasaran internasional dan beberapa kritikus musik mulai memperlihatkan respon kepada Mercenary. Beberapa lagu hitsnya: "11 Dreams", "reDestructDead", "Sharpen the Edges", dan  "Loneliness".      

 ► Tahun 2004 Mercenary turut serta dalam beberapa tur Eropa bersama Evergrey dan Brainstorm. Dilanjutkan tur Wacken Open Air 2005 bersama Nevermore.
 ► Bulan Maret 2006 sang pendiri Mercenary, Henrik "Kral" Andersen memutuskan untuk non aktif dari grup karena ingin lebih fokus mengurus keluarganya. Posisi Karl digantikan sementara oleh produser ketiga album Mercenary, Jacob Hansen. Namun Jacob tidak mengisi vokal Growl seperti Karl.

That Hours that Remain (2006)

That Hours that Remain adalah album studio keempat Mercenary. Rekaman album selesai digarap bulan April 2006 di studio pribadi milik sang sutradara, Jacob Hansen dan rilis 21 Agustus 2006 dibawah label Century Media. Konsep album That Hours that Remain sedikit berbeda dengan album-album sebelumnya, semenjak keluarnya vokalis Karl yang berkarakter Growl, karakter clean vokal Mikkel Sandager sangat mendominasi hampir disetiap lagu. Namun tidak lepas dari konsep awal Mercenary, semua lagu tetap kental berirama death metal, trash metal yang diracik lebih progresif namun absen dengan karakter vokal growlnya. Beberapa lagu hitsnya: "Redefine Me",  "Year of the Plague", "Obscure Indiscretion", dan "My Secret Window".    
 ► Setelah album That Hours that Remain rilis, René Pedersen mengisi posisi bassis yang sebelumnya diisi sementara oleh Jacob Hansen dan dia mampu mengisi karakter Growl vokal seperti formasi terdahulu saat Karl masih aktif dalam grup.
 ► Pertengahan Mei 2006 Mercenary tampil dalam event Saegfestival yang diselenggarakan di Greding, Jerman.
 ► Bulan Agustus 2006 Mercenary merilis album kompilasi yang berisi beberapa lagu dalam album demo terdahulu bertajuk Retrospective.
  ► Mercenary berpartisipasi dalam event ProgPower USA Festival pada bulan September 2006 perform bersama Evergrey dan Epica.

Architect of Lies (2007)


Architect of Lies adalah album studio kelima Mercenary. Proses recording digarap pada bulan Oktober - Desember 2007 masih di studio yang sama seperti album sebelumnya dan dirilis 25 Maret 2008 dibawah label Century Media. Album Architect of Lies dominan bernuansa trash metal, karakter sound dalam beberapa lagu hampir mirip dengan materi album keduanya Everblack. Karakter Growl dimunculkan kembali lewat bassis/growl vokal Pedersen setelah absen beberapa lama sepeninggal Karl. Beberapa lagu hitsnya: "Embrace the Nothing", "The Endless Fall", "Black and Hollow", dan "Public Failure Number One". 
 ► November 2009 Mikkel Sandager, Morten Sandager, dan Mike Park Nielsen memutuskan untuk keluar dari Mercenary karena terjadi perbedaan pendapat dengan personil lainnya. Terjadilah tranformasi didalam internal grup Mercenary: posisi Growl vokal dihandel oleh bassis/vokal René Pedersen, posisi keyboard diisi oleh gitaris Martin Buus, dan posisi drums diisi oleh pendatang baru Morten Løwe.

Metamorphosis (2011)


Metamorphosis adalah album studio keenam Mercenary. Album Metamorphosis rilis di Eropa 25 Februari 2011 dibawah label Napalm Records dan rilis di Amerika Serikat 29 Maret 2011 dibawah bendera Prosthetic Records. Formasi terakhir Mercenary saat penggarapan album ini adalah: René Pedersen (vokal, bass), Martin Buus (lead guitar, keyboards), Jakob Mølbjerg (rhytm guitar), dan Morten Løwe (drums). Konsep album Metamorphosis bernuansa melodic death metal dan metalcore. Beberapa lagu hitsnya: "Through the Eyes of the Devil", "In a River of Madness", "Shades of Grey", dan "On the Edge of Sanity".

  ► Awal tahun 2012 drummer Morten Løwe hengkang dari Mercenary dan posisinya digantikan oleh Peter Mathiesen. Peter perform bersama Mercenary dalam beberapa show yang sudah dijadwalkan sampai akhir tahun 2012. Peter akhirnya menjadi personil tetap Mercenary untuk persiapan penggarapan album berikutnya.

Through Our Darkest Days (2013)

Through Our Darkest Days merupakan album studio ketujuh Mercenary. Album Through Our Darkest Days digarap di Hansen Studio, Denmark dan rilis di Eropa 26 Juli 2013 dibawah label NoiseArt Records serta rilis di Amerika Serikat 30 Juli 2013 dibawah label Prosthetic Records. Cover artwork album Through Our Darkest Days dikerjakan oleh gitaris Mnemic, Mircea Gabriel Eftemie. Beberapa lagu hitsnya: "A New Dawn", "Through Our Darkest Days", "Beyond This Night", dan "Generation Hate". 



Genres :
Melodic Death Metal, Trash Metal 

Formasi sekarang :
René Pedersen (vokal, bass)
Martin Buus (lead guitar, keyboards)
Jakob Mølbjerg (rhytm guitar)

Morten Løwe (drums)

Website :
www.mercenary.dk

Referensi :
www.wikipedia.org

0 comments more...

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Links