Demo Blog

Arch Enemy

by metalrevolver on Nov.22, 2009, under ,

Arch Enemy adalah band melodic death metal asal Halmstad, Swedia yang berdiri tahun 1996. Arch Enemy didirikan oleh mantan gitaris Carcass, Michael Amott setelah secara resmi Michael keluar dari keanggotaan Carcass. Dua bersaudara Michael Amott dan Christopher Amott merekrut Johan Liiva (ex-Carnage ) pada vokal dan gitar bass, serta Daniel Erlandsson sebagai drummer sementara untuk melengkapi formasi awal Arch Enemy. Musikal style Arch Enemy sangat dipengaruhi band death metal Carnage. Wrong Again Records menjadi label pertama yang siap mendistribusikan album debut Arc Enemy, Black Earth setelah selesai digarap pada bulan Maret 1996.



Black Earth (1996)

Black Earth adalah debut album studio Arch Enemy. Proses rekaman dikerjakan mulai bulan Februari 1996 dan selesai bulan Maret 1996 di Studio Fredman. Album Black Earth rilis bulan Desember 1996 dibawah label Wrong Again Records dan rilis ulang bulan April 2007 dibawah label Regain Records. Album ini mencapai sukses di Swedia dan Jepang. Beberapa hitsnya : "Bury Me an Angel", "Dark Insanity", "Cosmic Retribution", dan "Fields of Desolation".

► Album Black Earth lebih terkesan merupakan proyek perseorangan. Michael Amott menulis sendiri semua lirik lagu dalam album dan menghandel semua permainan bass dalam semua lagu. Walaupun sebenarnya selain sebagai vokalis, Johan Liiva juga pemain bass dalam Arch Enemy. Christopher Amott berada pada posisi lead gitar dan pada rhytem gitar diisi oleh Michael Amott pada semua trek lagu dalam materi album.
► Setelah album Black Earth dirilis, Arch Enemy teken kontrak dengan label Century Media Records untuk proyek album keduanya, Stigmata. Posisi Daniel Erlandsson digantikan oleh Peter Wildoer dan Martin Bengtsson direkrut mengisi posisi bassis.
Arch Enemy merilis video klip "Bury Me an Angel" akhir tahun 1996.

Stigmata (1998)

Stigmata merupakan album studio kedua Arch Enemy. Proses rekaman dikerjakan di Studio Fredman bulan Oktober 1997 - Januari 1998 dan dirilis bulan April 1998 dibawah label Century Media Records. Stigmata merupakan album pertama yang dirilis untuk pasaran Internasional. Album Stigmata mulai mendongkrak popularitas Arch Enemy di wilayah Eropa dan Amerika. Beberapa lagu hitsnya : "Stigmata", "Dark of the Sun", "Black Earth", dan "Tears of the Dead".

► Tahun 1999, posisi bassis Martin Bengtsson digantikan oleh Sharlee D'Angelo dan drummer Daniel Erlandsson kembali direkrut sebagai anggota tetap Arch Enemy menggantikan Peter Wildoer.

Burning Bridges (1999)

Burning Bridges adalah album studio ketiga Arch Enemy yang dirilis bulan Mei 1999 dibawah label Century Media Records. Proses recording berlangsung pada bulan Desember 1998 - Januari 1999 di Studio Fredman. Konsep musik dalam album Burning Bridges lebih bernuansa trash dengan perpaduan atmosfer death metal. Album ini dirilis ulang bulan Mei 2009. Beberapa lagu hitsnya : "The Immortal", "Dead Inside", "Demonic Science", dan "Burning Bridges".

► Bulan Desember 1999, Arch Enemy meluncurkan album live DVD, Burning Japan Live 1999. Album berisi konser live promo album Burning Bridges di Jepang. Di tahun yang sama Arch Enemy juga merilis video klip "The Immortal".
► Saat tour promo album Burning Bridges sedang berjalan, bassis Sharlee D'Angelo digantikan sampai dua kali. Yang pertama digantikan oleh Dick Lövgren (Meshuggah) dan yang kedua oleh mantan bassis Spiritual Beggars, Roger Nilsson.
► Bulan November 2000, vokalis Johan Liiva keluar dari Arch Enemy. Pada awal tahun 2001 seorang jurnalis wanita Jerman sekaligus vokalis death metal, Angela Gossow terpilih sebagai vokalis menggantikan Johan Liiva. Angela Gossow mendapat respon baik dari para penggemar Arch Enemy.

Wages of Sin (2001)

Wages of Sin adalah album studio keempat Arch Enemy dan rilis pada bulan April 2001 dibawah label Century Media Records. Wages of Sin menjadi album pertama dengan vokalis baru, Angela Gossow. Beberapa lagu hitsnya : "Burning Angel", "Ravenous", "Dead Bury Their Dead", dan "Shadows & Dust".



► Bulan Desember 2001, Arch Enemy mengikuti event Japan's Beast Feast 2002 tampil bersama Slayer dan Motörhead.
► Album EP Burning Angel dirilis bulan Maret 2002 dibawah label Century Media.

Anthems of Rebellion (2003)

Anthems of Rebellion merupakan album kelima Arch Enemy dibawah label Century Media Records. Dirilis bulan Juli 2003 di Jepang dan Kanada serta bulan Agustus 2003 di Jerman, Korea Selatan, Amerika Serikat dan Inggris. Konsep album masih sama dengan album sebelumnya, namun dalam Anthems of Rebellion terdapat gaya vokal clean yang dinyanyikan oleh Christopher Amott dalam lagu "End of the Line" dan "Dehumanization". Beberapa lagu hitsnya : "Silent Wars", "We Will Rise", "Dead Eyes See No Future", dan "Dehumanization".

► Video klip "We Will Rise" diproduksi pertengahan 2003 dan ditampilkan dalam Headbanger's Ball acara TV seri Uranium. Bulan November 2003 Arch Enemy merilis album EP Dead Eyes See No Future yang berisi sesi live peformance Arch Enemy dan juga beberapa lagu cover Megadeth, Manowar, dan Carcass.
► Bulan Juni 2004, Arch Enemy mengadakan tour di Jepang tampil bersama band asal Jepang, Edge of Spirit.

Doomsday Machine (2005)

Doomsday Machine adalah album keenam Arch Enemy. Proses recording dikerjakan pada bulan Maret - Mei 2005 di Slaughterhouse Studio, Swedia dan dirilis bulan Juli 2005 di Amerika Serikat serta bulan Agustus 2005 rilis di Inggris. Album Doomsday Machine menuai sukses dengan hasil penjualan mencapai 12.000 keping, mampu menempati posisi #87 chart The Billboard 200, #12 chart Billboard Top Independent Albums, serta #23 chart album Swedia. Beberapa lagu hitsnya : "Nemesis", "My Apocalypse", "Mechanic God Creation", dan "Machtkampf".

► Bulan Juli 2005, gitaris Christopher Amott keluar dari Arch Enemy untuk lebih fokus pada kehidupan pribadinya. Posisi Christopher digantikan sementara oleh mantan gitaris Dream Evil, Gus G kemudian oleh Fredrik Åkesson pada bulan September 2005. Christopher Amott kembali bergabung secara permanen pada bulan Maret 2007. Sekeluarnya dari Arch Enemy, Fredrik Åkesson bergabung dengan Opeth pada posisi lead gitaris pada bulan Mei 2007.
Arch Enemy merilis video klip "Nemesis" dan "My Apocalypse" tahun 2005, album live DVD Life Apocalypse bulan Juli 2006, dan album EP Revolution Begins pada bulan Agustus 2007.

Rise of the Tyrant (2007)

Rise of the Tyrant adalah album studio ketujuh Arch Enemy yang dirilis bulan September 2007 di Eropa dan Amerika Serikat dibawah label Century Media Records. Album Rise of the Tyrant dikerjakan bulan Maret - Mei 2007 di Studio Fredman, Swedia diproduseri oleh Fredrik Nordstörm dan Michael Amott. Fredrik Nordstörm juga produser yang menggarap album Soilwork dan In Flames. Rise of the Tyrant mampu terjual sampai 8.900 keping, menempati posisi #84 chart The Billboard 200, #22 chart Billboard Top Rock Albums, dan #20 chart album Swedia.

Arch Enemy tampil dalam event Bloodstock Open Air Festival bulan Agustus 2007 bersama Sabbat, In Flames, Lacuna Coil, Finntroll, dan band asal Costa Rica, Sight of Emptiness.
► Akhir tahun 2007, Arch Enemy berpartisipasi dalam tour Black Crusade tampil bersama Machine Head, Trivium, DragonForce, dan Shadows Fall.
► Bulan Maret 2008, Arch Enemy merekam sesi live performance konser di Tokyo, Jepang untuk materi album life DVD, Tyrants of the Rising Sun.
► Dalam tour Defenders of the Faith bulan April 2008, Arch Enemy tampil bersama Opeth dan DevilDriver dengan band pembuka 3 Inches of Blood. Dilanjutkan dengan tour Tyranny and Bloodshred bulan Mei 2008 bersama Dark Tranquillity, Divine Heresy, dan Firewind.

The Root of All Evil (2009)

The Root of All Evil merupakan album kedelapan Arch Enemy, yang dirilis di Eropa pada bulan September 2009 dan di Amerika Serikat bulan Oktober 2009 dibawah label Century Media Records. Album The Root of All Evil merupakan album rekaman ulang beberapa lagu dari album Black Earth, Stigmata, dan Burning Bridges.

► Pertengahan tahun 2009, Arch Enemy menjadwalkan tour keliling Eropa dan Amerika bagian timur. Termasuk event Dubai Desert Rock Festival, Arch Enemy tampil bersama Mötorhead, Opeth, dan Chimaira.
► Ajang promo album, Arch Enemy mengadakan tour keliling Asia dan Australia. Dalam festival musik di Jepang bulan Oktober 2009, Arch Enemy tampil bersama Megadeth, Judas Priest, Slayer, Anthrax, Rob Zombie, dan Children of Bodom.


Genres :
Melodic death metal, Trash metal

Formasi sekarang :
Angela Gossow (vocals)
Michael Amott (lead and rhythm guitar, backing vocals, clean vocals)
Christopher Amott (lead and rhythm guitar, backing vocals)
Sharlee D'Angelo (bass guitar)
Daniel Erlandsson (drums)

Website :
www.archenemy.net

Referensi :
www.wikipedia.org





Arch Enemy Galeri




Arch Enemy Videos

My Apocalypse


Nemesis


We Will Rise


Revolution Begins

0 comments more...

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Links