Demo Blog

Linkin Park

by metalrevolver on Nov.22, 2009, under

Band Info Discography Wallpapers Klip Video Free MP3

Linkin Park adalah band Nu metal asal Agoura Hills, California yang didirikan tahun 1996 oleh tiga musisi yang dulunya adalah teman satu sekolah : Mike Shinoda (vokal, gitar rhitem), Brad Delson ( gitar lead, bass), dan Rob Bourdon (drums, perkusi). Setelah lulus dari bangku sekolah, mereka bertiga membentuk band Xero dan merekrut beberapa musisi lain seperti : Joseph Hahn (turntables, samples), Dave "Phoenix" Farrell (bass), dan Mark Wakefield (vokal). Dengan keterbatasan yang dimiliki, kamar pribadi Shinoda menjadi studio pribadi dalam proses pembuatan dan rekaman lagu.

Wakefield dan Farrell memutuskan keluar dari Xero, setelah band beberapa kali mengalami kegagalan menembus label industri rekaman. Untuk menggantikan posisi Wakefield, Xero merekrut vokalis asal Arizona, Chester Bennington atas referensi wakil presiden Zomba Music, Jeff Blue pada bulan Maret 1999.
Band Xero berevolusi menjadi Hybrid Theory. Duet vokalis Shinoda dan Chester membawa atmosfer baru dalam perkembangan konsep musik Hybrid Theory. Nama Hybrid Theory diubah menjadi Linkin Park. Linkin Park terinspirasi pada salah satu taman bermain Lincoln Park di Santa Monica, California.
Atas bantuan dari Jeff Blue, Linkin Park berhasil menandatangani kontrak kerja dengan Warner Bros. Records dan mulai memproses penggarapan album debut, Hybrid Theory.

Hybrid Theory (2000)

Hybrid Theory adalah album debut Linkin Park. Proses rekaman dikerjakan pada bulan Maret - Juni 2000 di NRG Recordings, North Hollywood, California dan dirilis bulan Oktober 2000 dibawah label Warner Bros. Records. Album Hybrid Theory menuai sukses yang luar biasa dan mendongkrak popularitas Linkin Park secara fantastis. Angka penjualan album mencapai 10 juta keping hanya di Amerika dan sampai tahun 2009 total penjualan global mencapai angka 29 juta keping. Tahun 2009 album ini menjadi album urutan kedua penjualan album terbaik dibawah album The Beatles 1. Album Hybrid Theory menduduki peringkat #2 chart The Billboard 200, #4 UK Top 40, #1 chart album di New Zealand, serta dianugerahi 10X Platinum (Diamond) di Amerika Serikat, 4X Platinum di Inggris dan 5X Platinum di Kanada dan Australia. Beberapa single hitsnya : "One Step Closer", "Crawling", "Papercut", dan "In the End".

► Salah satu single dari Hybrid Theory, "Crawling" memenangkan penghargaan dari Grammy Awards kategori The Best Hardrock Performance dan dinominasikan dalam dua kategori lain : Best New Artist dan Best Rock Album. Single "In the End" memenangkan MTV Awards untuk kategori Best Rock Video dan Best Direction.
► Setelah album Hybrid Theory rilis, Linkin Park tampil dalam beberapa event besar seperti : Ozzfest, Family Values Tour, dan KROQ Almost Acoustic Christmas. Linkin Park juga menggelar konser sendiri bertajuk Projekt Revolution bersama Adema, Chypress Hill, dan Snoop Dogg.
► Penampilan Linkin Park di berbagai event live didokumentasikan dalam album DVD, Frat Party at the Pankake Festival yang dirilis bulan November 2001dibawah label Warner Bros. Records dan Machine Shop Recordings.
► Dave "Phoenix" Farrell bergabung kembali dengan Linkin Park. Bersama Phoenix, Linkin Park mulai menggarap proyek berikutnya dengan konsep remix. Album ini dinamai Reanimation, berisi beberapa lagu dari album Hybrid Theory dan EP Hybrid Theory. Album Reanimation dirilis bulan Juli 2002 dibawah label Warner Bross. Records.

Meteora (2003)

Meteora merupakan album studio kedua Linkin Park. Proses penggarapan album dikerjakan pada bulan April - Desember 2002 dan dirilis bulan Maret 2003 dibawah label Warner Bros. Records. Karena jadwal manggung yang sangat padat, Linkin Park mengerjakan materi baru untuk persiapan album di studio kecil yang ada didalam bis tour. Konsep musik dalam album Meteora memperkenalkan nuansa baru, gaya vokal rap lebih dominan hampir dalam setiap lagu. Album Meteora juga menuai sukses dari hasil penjualan album yang fantastis. Dalam waktu satu minggu setelah rilis, album ini mampu terjual sampai 800.000 keping lebih. Untuk pasaran global sampai saat ini, album Meteora terjual lebih dari 16 juta keping. Album Meteora menduduki peringkat teratas chart album di berbagai negara seperti Amerika Serikat (Billboard 200), Inggris (UK Albums Chart), Jerman, Austria, Swiss dan New Zealand, posisi #2 chart album di Kanada, Hungaria, dan Australia, serta mendapat sertifikasi 4X Platinum di Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Mexico. Single hitsnya adalah : "Somewhere I Belong", "Faint", "Numb", "From the Inside", "Lying from You", dan "Breaking the Habit".

Linkin Park menggelar kembali tour mereka sendiri, Projekt Revolution didukung beberapa band lain seperti Mudvayne, Blind Side, dan Xzibit. Linkin Park mengikuti event yang diselenggarakan oleh Metallica bertajuk Summer Sanitarium Tour 2003, tampil bersama Limp Bizkit, Mudvayne, dan Deftones.
Linkin Park merilis album live, Live in Texas pada bulan November 2003 dibawah label Warner Bros dan Machine Shop Recordings. Album Live in Texas berisi sesi live performance Linkin Park saat konser di Texas.
► Awal tahun 2004, Linkin Park menggelar konser promo album Meteora keliling dunia bersama P.O.D, Story of the Year, dan Hoobastank.
► Album Meteora memperoleh beberapa penghargaan dalam beberapa event. Single "Somewhere I Belong" memenangkan kategori Best Rock Video dan "Breaking the Habit" memenangkan kategori Viewer's Choice Award dari MTV Music Awards. Walaupun tidak sesukses album Hybrid Theory, album Meteora mampu menduduki peringkat ketiga penjualan album terlaris selama dekade tahun 2003 di Amerika.
► Setelah sukses dengan album Meteora, beberapa personil Linkin Park sibuk dengan proyek sampingan diluar Linkin Park. Chester berkolaborasi dengan DJ Lethal dan band Dead by Sunrise pada proyek masing-masing serta Shinoda mendirikan band Fort Minor.
► Tahun 2004 Linkin Park berkolaborasi dengan artis hip-hop, Jay-Z dan merilis album Collision Course pada bulan November 2004 dibawah label Warner Bros dan Machine Shop Recordings.
Linkin Park menggelar konser amal untuk bencana angin topan Charley tahun 2004 dan topan Katrina tahun 2005. Uang sejumlah $75.000 disumbangkan untuk korban bencana alam tersebut melalui Special Operations Warrior Foundation pada bulan Maret 2004. Konser amal bertajuk "Music for Relief" yang digelar Linkin Park, ditujukan untuk penggalangan dana membantu koran bencana Tsunami yang terjadi di Samudra Hindia di tahun 2004. Bencana tsunami ini melanda beberapa negara di Asia termasuk Indonesia (Aceh).

Minutes to Midnight (2007)

Minutes to Midnight adalah album studio ketiga Linkin Park. Proses recording dikerjakan pada bulan Februari 2006 - Januari 2007 dan rilis bulan Mei 2007 dibawah label Warner Bros dan Machine Shop Recordings. Konsep album Minutes to Midnight bernuansa rock klasik, punk, dan hip-hop. Di Amerika Serikat album ini mampu terjual sampai 625.000 keping dalam waktu satu minngu setelah rilis. Dalam empat minggu pertama album ini dirilis, untuk pasaran global mampu terjual sampai 3,3 juta keping lebih. Album Minutes to Midnight menempati posisi teratas chart album di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, Jepang, Prancis,dan Jerman, serta posisi #2 chart album di Belanda, Mexico, Spanyol, Taiwan, dan Belanda. Album ini juga mendapat sertifikasi 2X Platinum di Amerika Serikat, New Zealand, Italia, Austria, dan Australia, serta 4X Platinum untuk pemasaran seluruh dunia. Single hits dari album ini : "What I've Done", "Bleed It Out", "Shadow of the Day", "Given Up", dan "Leave Out All the Rest".

► Setelah album Minutes to Midnight rilis, Linkin Park mengikuti beberapa event besar seperti Live Earth Japan di Jepang bulan Juli 2007, Download Festival di Donington Park (England), Edgefest di Downsview Park (Toronto, Canada), serta tour Projekt Revolution di Nottingham, Sheffield, Manchester,dan London.
Linkin Park merilis album live, Road to Revolution : Live at Milton Keynes pada bulan November 2008. Album ini berisi sesi live performance Linkin Park saat tour Projekt Revolution di Milton Keynes Bowl pada tanggal 29 Juni 2008.

A Thousand Suns (2010)

A Thousand Suns adalah album studio keempat Linkin Park. Proses recording dikerjakan selama tahun 2008 - 2010 dan rilis bulan September 2010 dibawah label Warner Bros. Records. Konsep album A Thousand Suns lebih bernuansa hip-hop berpadu dengan alunan nada rock. Album ini juga didedikasikan untuk grup hip-hop, Public Enemy. Dalam watu dua minggu setelah rilis, album A Thousand Suns sudah mampu terjual sampai 200.000 keping lebih dan bulan Desember 2010 total penjualan album mencapai angka 500.000 keping. Album ini menempati posisi teratas chart The Billboard 200 dan di beberapa negara seperti Jerman, Italia, Australia, Austria, dan Swiss, serta menempati posisi kedua chart album di Belgia, Yunani, Jepang, dan Inggris. Sertifikasi Platinum juga diperoleh dari Australia, Jerman, Polandia, dan Portugal. Single dari album A Thousand Suns : "Waiting for the End" dan "The Catalyst".



Reanimation Live in Texas Collision Course Road to Revolution
Live at Milton
Keynes
Projekt Revolution


Genres :
Nu metal, Alternative metal, Rap metal

Formasi sekarang :
Chester Bennington (vocals, rhythm guitar)
Rob Bourdon (drums, percussion, backing vocals)
Brad Delson (lead guitar, backing vocals)
David "Phoenix" Farrell (bass guitar, backing vocals)
Mr. Hahn (turntables, programming, samples, backing vocals)
Mike Shinoda (vocals, rhythm guitar, samples, keyboards)

Website :
www.linkinpark.com

Referensi :
www.wikipedia.org






Linkin Park Galeri


Linkin Park Videos

Waiting for the End


The Catalyst


Somewhere I Belong


What I've Done



0 comments more...

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Links