Demo Blog

Sonic Syndicate

by metalrevolver on Nov.22, 2009, under ,

Sonic Syndicate merupakan band pengusung aliran melodic death metal yang berdiri tahun 2002 di Falkenberg, Swedia. Pada awalnya dua bersaudara Richard Sjunnesson (vokal) dan Roger Sjunnesson tergabung dalam band power metal, Tunes of Silence. Namun karena ingin lebih serius menekuni musik dengan konsep yang berbeda dengan Tunes of Silence, keduanya memutuskan untuk keluar dan membentuk band Fallen Angels tahun 2002. Formasi awal Fallen Angels semakin lengkap dengan direkrutnya gitaris Robin Sjunnesson (keponakan Richard dan Roger), keyboardis Andreas Mårtensson, bassis Magnus Svensson, dan drummer Kristoffer Bäcklund. Fallen Angels berhasil merekam dan merilis tiga album demo : Fall from Heaven (rilis Mei 2003), Black Lotus (rilis Oktober 2003), dan Extinction (rilis Juni 2004).

Awal tahun 2004, bassis Magnus Svensson keluar dari grup dan posisi Svensson digantikan oleh Karin Axelsson. Pertengahan tahun 2004, nama band Fallen Angels diubah menjadi Sonic Syndicate. Tahun 2005 Sonic Syndicate menandatangani kontrak kerja dengan label Pivotal Rockordings dan mulai menyiapkan materi untuk debut albumnya, Eden Fire.

Eden Fire (2005)

Eden Fire adalah album debut Sonic Syndicate. Proses rekaman dikerjakan pada bulan Februari - Juni 2005 di Studiomega dan dirilis bulan September 2005 dibawah label Pivotal Rockordings. Konsep album mengadopsi dari segmen dua album demo Black Lotus dan Extinction yang kental menyajikan sound death metal dengan clean vokal. Lagu-lagu dari dua album demo tersebut diaransemen dan direkam ulang sebagai materi album Eden Fire. Beberapa lagu hitsnya : "Jailbreak" (single), "Zion Must Fall", "Misanthropic Coil", dan "Crowned in Despair".

Sonic Syndicate menjadwalkan beberapa tur sebagai pendukung peluncuran album Eden Fire sampai keluar Swedia tampil bersama Avatar. Saat tur masih berjalan, drummer Kristoffer Bäcklund keluar dari grup dan digantikan oleh John Bengtsson pada bulan Februari 2006. Selang beberapa lama keyboardis Andreas Mårtensson juga mengundurkan diri dari Sonic Syndicate dan merekrut Roland Johansson untuk mengisi posisi second singer (clean vocals).
Sonic Syndicate mengikuti kontes yang diselenggarakan mayor label Nuclear Blast dengan mengirimkan album demonya, Sonic Syndicate dan berhasil masuk urutan tiga besar menyisihkan sekitar 1.500 band kontestan lain. Alhasil Sonic Syndicate menjalin kontrak kerja dengan Nuclear Blast untuk proses pendistribusian album berikutnya.

Only Inhuman (2007)

Only Inhuman merupakan album studio kedua Sonic Syndicate. Proses rekaman dimulai pada bulan November 2006 di Black Lounge Studios, Avesta, Swedia dan rilis di Eropa dan Amerika Utara pada bulan Mei 2007 dibawah label Nuclear Blast. Album Only Inhuman digarap dibawah arahan produser Jonas Kjellgren (gitaris Scar Symmetry). Album Only Inhuman merupakan album pertama dengan konsep musik baru setelah grup berganti nama menjadi Sonic Syndicate, tidak seperti album sebelumnya, Eden Fire, yang bermaterikan lagu-lagu yang digarap ulang dari album demo saat band bernama Fallen Angels. Karakter metalcore lebih banyak berperan hampir dalam semua lagu dan dalam setiap lagu juga selalu menghadirkan gaya clean vokal. Album ini menduduki posisi #22 pada chart album di Swedia setelah satu minggu dirilis. Beberapa lagu hitsnya : "Denied" (single), "Enclave" (single), "Psychic Suicide", dan "Unknown Entity".

► Dua vokalis Sonic Syndicate, Richard Sjunnesson dan Roland Johansson ikut serta dalam album kompilasi Nuclear Blast All-Stars : Out of the Dark bersama mantan gitaris Soilwork, Peter Wichers.
Sonic Syndicate tampil dalam even Wacken Open Air Festival dan beberapa festival musik di Eropa pertengahan tahun 2007. Pada musim dingin 2007 Sonic Syndicate juga tampil bersama Amon Amarth. Dilanjutkan pada akhir tahun 2007 dalam even "Darkness over X-Mas Tour" tampil bersama Caliban dan Heaven Shall Burn, beberapa even di Eropa bersama Dark Tranquillity dan Soilwork, serta pertengahan November 2007 manggung bersama Himsa dan Amon Amarth. Sonic Syndicate juga tampil bersama Nightwish pada awal tahun 2008.

Love and Other Disasters (2008)

Love and Other Disasters adalah album studio ketiga Sonic Syndicate. Proses rekaman dikerjakan pada bulan Maret - April 2008 di Black Lounge Studios, Avesta, Swedia dan rilis di Eropa pada bulan September 2008 serta di Amerika Utara pada bulan Oktober 2008. Konsep album Love and Other Disasters masih cenderung bernuansa metalcore dengan banyak pemakaian sound keyboard dan terdapat beberapa lagu yang bertempo lambat. Satu minggu semenjak rilis di Amerika, album Love and Other Disasters berhasil terjual sampai 800 keping dan menduduki posisi #85 chart Billboard Heatseekers. Album ini juga mampu menempati peringkat #15 chart album di Swedia, #36 chart album di Jerman, dan posisi #45 chart album di Austria. Beberapa lagu hitsnya : "Jack of Diamonds", "My Escape", "Power Shift'', dan "Contradiction". Keempat lagu tersebut merupakan single hits dari album Love and Other Disasters.

► Bulan Mei 2008 Sonic Syndicate melanjutkan tour di Amerika menjadi band pembuka konser Nightwish serta akhir tahun 2008 menjadwalkan tour di Jerman dan Skandinavia.
► Bulan Maret 2009, vokalis Roland Johansson mengeluarkan statement tentang rencana pengunduran dirinya dari Sonic Syndicate karena alasan pribadi. Setelah konser Sonic Syndicate pada even Geuzenpop Festival di Enschede, Belanda, Roland secara resmi keluar dari grup. Hasil interview Roland dengan HeavyHell.com pada bulan Oktober 2009, bahwa sekeluarnya dari Sonic Syndicate, Roland mengerjakan proyek bersama mantan personil In Flames, Jesper Stromblad dan berhasil meluncurkan debut album pada awal tahun 2010.
Sonic Syndicate merilis single "Burn this City" bulan September 2009 dan album EP, Rebellion pada bulan November 2009. Sonic Syndicate menjadwalkan beberapa tur dan merekrut vokalis Nathan James Biggs menggantikan posisi Roland.

We Rule the Night (2010)

We Rule the Night adalah album studio keempat Sonic Syndicate. Proses rekaman album dikerjakan pada bulan Januari - Ferbuari 2010 di Bohus Sound Studios, Kungälv, Swedia dan dirilis bulan Agustus 2010 dibawah label Nuclear Blast Records. Konsep album masih kental bernuansa death metal dan metalcore, namun menghadirkan nuansa baru bergaya Nu metal, hard rock , dan industrial metal. Dalam beberapa lagu juga terdapat permainan gitar akustik dan synthesizers. Beberapa lagu hitsnya : "Revolution, Baby", "Turn It Up", "Burn This City", dan "My Own Life".

Sonic Syndicate tampil dalam even Download Festival 2010 di panggung Ronnie James Dio, Inggris bersama HIM, We Are the Fallen, The Blackout,dan Rise to Remain pada bulan Juni 2010.
► Salah satu single "Turn It Up" dirilis bulan Agustus 2010. Saat proses pembuatan video klip "Turn It Up" ini, sang bassis Karin Axelsson mengalami kecelakaan serius, kepalanya dipukul dengan gitar saat terjadi aksi di panggung sehingga mengalami luka sobek dan gegar otak. Video klip "Turn It Up" dirilis pada bulan September 2010.
► Bulan Oktober 2010 vokalis Richard Sjunnesson memutuskan untuk rehat dari grup Sonic Syndicate karena alasan keluarga. Statemen ini diperkuat saat Richard menulis di blog pribadinya pada tgl 28 Oktober 2010, bahwa dia mengklaim pihak label telah bertindak terlalu jauh mempengaruhi materi musik Sonic Syndicate untuk kedepannya. Akhirnya Richard digantikan sementara oleh Christoffer Andersson (What Tomorrow Brings) hanya untuk mengisi kekosongan saat tur Sonic Syndicate yang sudah dijadwalkan.
► Richard Sjunnesson akhirnya bergabung dengan grup The Unguided dan band melodic death metal Faithful Darkness.

Sonic Syndicate (2014) 

Sonic Syndicate adalah album studio kelima band Sonic Syndicate. Proses rekaman album dikerjakan pada akhir tahun 2013 dan selesai digarap 3 bulan kemudian di Bohus Sound Studios, Kungälv, Swedia. Album ini dirilis bulan Juli 2014 masih dibawah label Nuclear Blast Records. Konsep album masih kental bernuansa death metal dan metalcore. Beberapa lagu hitsnya : "Black Hole Halo" (single), "Before You Finally Break", "Catching Fire", dan "The Flame that Changed the World".

► Sebelum proses pengerjaan album Sonic Syndicate, Roger Sjunnesson juga memutuskan untuk keluar dari grup karena alasan pribadi. Namun hubungannya dengan personil lain masih tetap terjaga baik.
► Vokalis band Soilwork, Björn Strid perform dalam lagu "Before You Finally Break"



Genres :
Melodic death metal, Metalcore

Formasi sekarang :

Nathan James Biggs (vocals)
Robin Sjunnesson (guitar)
Karin Axelsson (bass)
John Bengtsson (drums, percussion)

Website :
www.sonicsyndicate.com

Referensi :
www.wikipedia.org



Sonic Syndicate Galeri

Sonic Syndicate Video

Revolution, Baby


Turn It Up


Burn this City


0 comments more...

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Links