Demo Blog

In Flames

by metalrevolver on Nov.22, 2009, under

In Flames adalah band melodic death metal yang didirikan di Gothenburg, Swedia tahun 1990 oleh gitaris sekaligus drummer Jesper Strömblad. Jesper membentuk In Flames pada saat masih bergabung dengan band Ceremonial Oath. Sekeluarnya dari Ceremonial Oath, Jesper mulai fokus dengan In Flames. Jester merekrut gitaris Glenn Ljungström dan bassis Johan Larsson sebagai pelengkap formasi awal In Flames. Album demo dikirimkan ke industri rekaman Wrong Again Records. Setelah kontrak dengan Wrong Again Records disetujui, In Flames segera mulai menggarap materi album pertamanya, Lunar Strain di tahun 1993.



Lunar Strain (1994)

Lunar Strain adalah debut album In Flames. Album Lunar Strain dikerjakan secara mandiri, proses rekaman dikerjakan pada saat musim gugur sampai musim dingin tahun 1993 di studio Fredman, Swedia, dan dirilis bulan April 1994 dibawah label Wrong Again Records. Album Lunar Strain bernuansa folk metal dengan pemakaian instrumen biola dan gitar akustik pada materi album. Album ini juga rilis di Jepang tahun 1999 serta rilis ulang tahun 2003 dan 2005 dibawah label Regain Records dan Candlelight Records USA. Beberapa lagu hitsnya : "Lunar Strain", "Dreamscape", "In Flames", dan "Clad in Shadows".

► Pada saat penggarapan album Lunar Strain, In Flames belum memiliki vokalis. Vokalis Dark Tranquillity, Mikael Stanne menjadi vokalis sementara In Flames sampai keseluruhan materi album selesai dikerjakan.
► Setelah selesai dengan debut albumnya, In Flames menggarap album EP pertamanya, Subterranean. Album ini dirilis bulan Juni 1995 dibawah label Wrong Again Records. Henke Forss bertindak sebagai vokalis sementara In Flames. Setelah album Subterranean rilis, In Flames mulai mendapat perhatian mayor label Nuclear Blast dan mulai teken kontrak untuk proyek album studio selanjutnya.
► Tahun 1999, album Lunar Strain rilis ulang di Jepang dibawah label Toy's Factory. Semua trek dalam album Subterranean juga terdapat dalam album rilis ulang ini. Album re-release ini bertajuk Lunar Strain & Subterranean.

The Jester Race (1996)

The Jester Race merupakan album studio kedua In Flames. Proses rekaman dikerjakan pada bulan November 1995 di Studio Fredman dan rilis pada bulan Februari 1996 dibawah label Nuclear Blast. Tidak seperti album sebelumnya yang dikerjakan secara mandiri, The Jester Race digarap oleh sang pemilik studio, Fredrik Nordstörm. Fredrik mengisi posisi keyboards pada saat proses rekaman. Album The Jester Race bernuansa musik metal klasik, perpaduan dual lead gitar, gaya vokal growl, dan pemakaian gitar akustik. Beberapa lagu hitsnya : "Moonshield", "Artifacts of the Black Rain", "Dead Eternity", dan "Dead God in Me".

► Dalam proses penggarapan album The Jester Race, In Flames merekrut Anders Fridén sebagai vokalis and Bjorn Gelotte pada posis drums. Fridén dan Gelotte menjadi anggota tetap In Flames.
► Setelah album The Jester Race rilis, In Flames tampil dalam beberapa event bersama Kreator, Samael, dan Grip Inc.

Whoracle (1997)

Whoracle merupakan album studio ketiga In Flames. Proses rekaman berlangsung pada saat musim semi 1997 di Studio Fredman diproduseri Fredrik Nordstörm dan dirilis bulan Oktober 1997 dibawah label Nuclear Blast. Tema yang diambil sebagai konsep album adalah kondisi dunia saat masa lalu, sekarang dan mendatang. Semua lagu ditulis dan diaransemen oleh In Flames. Namun karena ditulis dalam bahasa Swedia, semua lagu diterjemahkan kembali oleh gitaris Dark Tranquillity, Niklas Sundin. Album Whoracle menempati posisi #33 chart album di Finlandia dan #78 chart album di Jerman. Beberapa lagu hitsnya : "Jotun", "Episode 666", "Jester Script Transfigured", dan "Everything Counts".

► Setelah album Whoracle selesai proses recording, gitaris Glenn Ljungström dan bassis Johan Larsson memutuskan untuk keluar dari In Flames. Karena In Flames sudah menjadwalkan tour bersama Dimmu Borgir, maka Niklas Engelin (guitar) and Peter Iwers (bass) direkrut sebagai anggota sementara sampai tour selesai. Namun pada akhirnya Niklas dan Peter menjadi anggota tetap In Flames.
In Flames menjadwalkan tour di Eropa dan Jepang tahun 1998. Selesai tour, Niklas Engelin keluar dari grup. Björn Gelotte berpindah posisi dari drummer menjadi gitaris menggantikan posisi Niklas dan Daniel Svensson direkrut mengisi posisi drums.
In Flames merilis album EP kedua, Black-Ash Inheritance bulan Agustus 1997 dibawah label Nuclear Blast.

Colony (1999)

Colony adalah album studio keempat In Flames yang dirilis bulan Mei 1999 dibawah label Nuclear Blast. Proses recording dikerjakan di Studio Fredman akhir tahun 1998 sampai awal tahun 1999. Album Colony bertema religi dan spiritual, konsep musik dengan ritme lebih cepat dan enerjik daripada album sebelumnya, Whoracle. Album Colony menempati posis #34 chart album di Swedia dan #27 chart album di Finlandia. Beberapa lagu hitsnya : "Embody the Invisible", "Ordinary Story", "Zombie Inc.", dan "The New World".

In Flames menjadwalkan tour promo album di Eropa, Jepang, dan tampil pertama kali di Amerika Serikat dalam event Milwaukee Metal Fest.

Clayman (2000)

Clayman adalah album studio kelima In Flames yang dirilis bulan Juli 2000 dibawah label Nuclear Blast. Proses rekaman dikerjakan di Studio Fredman pada awal tahun 2000. Album Clayman mampu menempati posisi #17 chart album di Swedia, #20 chart album di Finlandia, dan #43 chart album di Jerman. Beberapa lagu hitsnya : "Pinball Map", "Only For The Weak", "Brush the Dust Away", dan "Square Nothing".


► Setelah album Clayman dirilis, In Flames berpartisipasi dalam beberapa event bersama Testament, Dream Theater, dan Slipknot.
► Bulan Agustus 2001, In Flames merilis album live The Tokyo Showdown. Berisi penampilan In Flames saat tour di Jepang bulan November 2000.

Reroute to Remain (2002)

Reroute to Remain adalah album studio keenam In Flames. Proses produksi tidak lagi dikerjakan di Studio Fredman seperti album-album terdahulu. Kali ini proses recording digarap di studio Dug-Out dibawah arahan produser Daniel Bergstrand. Album Reroute to Remain dirilis bulan September 2002 dibawah label Nuclear Blast. Merupakan satu langkah besar bagi In Flames, terbukti setelah album ini rilis, In Flames mulai masuk di beberapa chart musik metal besar di Amerika Serikat. Dalam album ini mulai diperkenalkan style musik ciri khas In Flames, pemakaian clean vokal serta sound chorus. Album Reroute to Remain mampu menempati posisi #5 chart album di Swedia, #5 chart album di Finlandia, dan #23 chart album di Jerman. Beberapa lagu hitsnya : "Trigger", "Cloud Connected" (single), "Dawn of a New Day", dan "Dark Signs".

In Flames mengikuti beberapa tour selama tahun 2003 bersama Slayer, Soulfly, dan Mudvayne.
In Flames merilis album EP ketiga, Trigger bulan Juni 2003 dibawah label Nuclear Blast.

Soundtrack to Your Escape (2004)

Soundtrack to Your Escape merupakan album studio ketujuh In Flames. Proses rekaman dikerjakan di salah satu rumah yang mereka sewa di Denmark akhir tahun 2003 sampai awal tahun 2004. Namun untuk sound drums tetap direkam di studio Dug-Out. Album Soundtrack to Your Escape dirilis bulan Maret 2004 dibawah label Nuclear Blast. Popularitas In Flames semakin menanjak, terbukti dengan penjualan album mencapai 100.000 keping, menempati posisi #3 chart album di Swedia, #13 chart album di Finlandia, dan #145 chart The Billboard 200. Beberapa lagu hitsnya : "The Quiet Place" (single), "My Sweet Shadow", "Like You Better Dead", dan "Borders and Shading".

► Sebagai ajang promosi album, In Flames menggelar beberapa konser. Termasuk konser perdananya di Australia. In Flames juga mengikuti beberapa event, tampil bersama Judas Priest, Mötley Crüe, dan Motörhead. In Flames berpartisipasi dalam Ozzfest 2005.

Come Clarity (2006)

Come Clarity adalah album studio kedelapan In Flames. Proses rekaman dikerjakan di studio Dug-Out bulan November 2004 - Mei 2005 dan rilis di Eropa dibawah label Nuclear Blast serta rilis di Amerika Serikat dibawah label Ferret Records pada bulan Februari 2006. Kombinasi sound melodic death metal berpadu dengan sound industrial menjadi konsep yang dipilih dalam materi album Come Clarity. Suatu pencapaian sukses yang luar biasa dari album Come Clarity, dalam waktu seminggu semenjak rilis, hasil penjualan album mencapai 25.000 keping. Secara global album Come Clarity mampu terjual sampai 400.000 keping lebih. Album ini menempati posisi teratas chart album di Swedia dan Finlandia, #58 chart The Billboard 200, serta #6 chart album di Jerman. Beberapa hitsnya : "Take This Life", "Come Clarity" (single), "Dead End", dan "Vanishing Light".

► Bulan Juli 2005, In Flames merilis album video, Used & Abused in Live We Trust. Album ini berisi film saat proses rekaman dan beberapa penampilan In Flames selama tour tahun 2004.
► Tahun 2006, In Flames mengikuti beberapa event besar seperti The Unholy Alliance tour, the Sounds of the Underground tour, dan Download Festival. In Flames tampil bersama Sepultura dan tour di Amerika Serikat bersama Lacuna Coil.
► Tahun 2007, In Flames tampil dalam Dubai Desert Rock Festival dan Bloodstock Open Air Festival. In Flames tampil dalam tour Amerika Utara 2008: Gigantour 3 bersama Megadeth, Children of Bodom, Job for a Cowboy, dan High on Fire.

A Sense of Purpose (2008)

A Sense of Purpose adalah album studio kesembilan In Flames. Proses recording dikerjakan pada bulan September-November 2007 di IF Studios, Gothenburg, Swedia. IF Studios merupakan studio rekaman pribadi milik In Flames. Album A Sense of Purpose rilis di Eropa dibawah label Nuclear Blast dan rilis di Amerika Utara dibawah label Koch Records bulan April 2008. Konsep album A Sense of Purpose bernuansa heavy metal dan trash dengan sound keyboards yang dominan. Album A Sense of Purpose mampu menempati posisi teratas chart album di Swedia, #28 chart The Billboard 200, #3 chart album di Finlandia, serta #54 chart UK Top 75. Beberapa lagu hitsnya : "The Mirror's Truth" (single), "Alias" (single), "Delight and Angers" (single), dan "Disconnected".

► Bulan Juni 2008, In Flames berpartisipasi dalam beberapa tour besar seperti Metaltown Festival, Graspop Metal Meeting, Nova Rock Festival, Rock am Ring and Rock im Park, Gigantour and Download Festival.
► Bulan Februari 2009 diberitakan melalui official web site In Flames, bahwa Jesper Strömblad untuk sementara tidak bisa tampil dalam beberapa tour In Flames di Australia, Amerika Selatan, dan Jepang kerena sedang menjalani rehabilitasi kecanduan alkohol yang dialaminya. Selama tour berjalan posisi Jester digantikan sementara oleh Niklas Engelin.
In Flames juga membatalkan tour di Inggris dan Irlandia pada bulan Februari 2009 karena perawatan kecanduan alkohol yang sedang dijalani Jester serta istri Peter Iwers melahirkan.
► Bulan November 2009, In Flames tampil dalam Taste of Chaos 2009 di Inggris bersama Killswitch Engage, Dead by April, Every Time I Die dan Maylene and the Sons of Disaster.



Genres :
Melodic death metal

Formasi sekarang :
Anders Fridén (vocals)
Jesper Strömblad (guitar,drums,keyboards)
Björn Gelotte (guitar,drums)
Peter Iwers (bass guitar)
Daniel Svensson (drums)

Website :
www.inflames.com

Referensi :
www.wikipedia.org




In Flames Galeri



In Flames Videos

Alias


Pacing Deaths Trail


Delight and Angers


Reflect the Storm

0 comments more...

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Links