Demo Blog

Evanescence

by metalrevolver on Nov.22, 2009, under , ,

Evanescence adalah band gothic metal asal Little Rock, Arkansas yang berdiri pada tahun 1995. Pemrakarsa berdirinya Evanescence adalah sang vokalis Amy Lee dan gitaris Ben Moody. Keduanya bertemu pada suatu acara pemuda tahun 1994. Saat itu Moody melihat permainan piano Lee yang memainkan lagu dari Meat Loaf, Do Anything for Love (But I Won't Do That). Semenjak acara tersebut keduanya bersepakat untuk membentuk suatu grup band. Beberapa lagu seperti "Solitude", "Give Unto Me", "Understanding", "My Immortal", dan "Whisper" adalah hasil inspirasi mereka berdua pada awal karir. Lagu-lagu mereka sering diperdengarkan di stasiun radio lokal. Mereka berdua sering tampil dalam event live dan sudah mulai dikenal oleh khalayak setempat.

Beberapa nama seperti Childish Intentions, Stricken, Halo Machine dan ForTheFallen sempat terpikir untuk dijadikan nama sebuah grup band. Namun pada akhirnya, keduanya sepakat untuk memberi nama Evanescence untuk grup band mereka. Formasi Evanescence semakin lengkap dengan bergabungnya Rocky Gray pada drums dan perkusi, Will Boyd pada bass, dan John LeCompt pada gitar dua dan backing vokal pada awal tahun 2003. Evanescence teken kontrak dengan industri rekaman Wind-up Records dan mulai menggarap album debut mereka, Fallen.


Fallen (2003)

Fallen adalah album debut Evanescence. Proses rekaman berlangsung akhir tahun 2002 dan selesai awal tahun 2003 di beberapa studio di California seperti Track Record Inc. & NRG Recording Studios, Conway Recording Studios, Hollywood, dan Ocean Studios, Burbank. Sedang untuk versi akustik direkam di The Newman Stage, 20th Century Fox. Album Fallen dirilis bulan Maret 2003 dibawah label Wind-up Records. Album Fallen mampu terjual sampai 15 juta keping lebih diseluruh dunia serta mampu bertahan selama 43 minggu chart the Billboard Top 10. Album Fallen mampu menempati posisi #3 chart the Billboard 200, mendapat sertifikasi 7x Platinum dari RIAA, serta menempati posisi teratas chart album di Kanada, Inggris, Austria dan Australia tahun 2003. Konsep album Fallen berkisar tentang kehidupan sehari-hari yang mereka alami. Beberapa single hitsnya : "Bring Me to Life", "Going Under", "Everybody's Fool", "My Immortal", dan "Imaginary".

► Bulan Oktober 2003 pada saat tour promosi album di Eropa masih belum selesai, Moody memutuskan untuk keluar dari Evanescence karena sedikit perbedaan persepsi dengan Lee. Posisi Moody digantikan oleh gitaris Cold, Terry Balsamo.
► Salah satu single, Bring Me to Life (feat Paul McCoy, 12 Stones) menjadi OST film Daredevil yang ikut dinominasikan dalam penghargaan 46th Grammy Awards tahun 2004. Dalam ajang ini, Evanescence memenangkan kategori the Best Hard Rock Performance dan Best New Artist.

Anywhere but Home (Live) (2004)

Anywhere but Home adalah album live pertama Evanescence. Album berisi rekaman saat konser Evanescence di Le ZĂ©nith, Paris 25 Mei 2004 termasuk behind the scene persiapan konser berdurasi 22 menit. Dalam album live ini juga terdapat lagu yang tidak rilis dalam album sebelumnya berjudul "Missing". Album live ini mampu terjual sampai 1 juta keping di seluruh dunia, menempati posisi #39 chart the Billboard 200, #10 chart Austria Top 75 Albums, dan #19 chart Germany Top 100 Albums.

► Album Anywhere but Home sempat menimbulkan kontroversi pada bulan Desember 2004. Dua remaja asal Maryland membeli album ini untuk diberikan kepada adiknya yang baru berumur 13 tahun. Namun pada salah satu lagu berjudul "Thoughtless" (cover dari KoRn) terdapat kata "f**k", padahal dalam cover album itu tidak terdapat sticker Parental Advisory sebagai tanda materi dalam album mengandung explicit content. Karena hal itu, pihak manajemen sempat kerepotan menghadapi tuntutan hukum dari remaja yang melaporkan hal tersebut.

The Open Door (2006)

The Open Door merupakan album studio kedua Evanescence. Album The Open Door rilis di Jepang, Polandia, Jerman, dan Australia bulan September 2006 serta rilis di Kanada, Inggris, dan Amerika Serikat pada bulan Oktober 2006 dibawah label Wind-up Records. Proses rekaman dikerjakan pada bulan September 2005 - Maret 2006. Album ini mampu menembus angka penjualan lebih dari 5 juta keping di seluruh dunia, menempati posisi teratas chart album di Amerika Serikat, Australia, Jerman, Yunani, dan Swiss, serta memperoleh penghargaan double Platinum di Amerika Serikat dan Australia. Beberapa single hitsnya : "Sweet Sacrifice", "Call Me When You're Sober", "Lithium", "Weight of the World", dan "Good Enough".

► Bulan Juli 2006 bassis Will Boyd memutuskan untuk keluar dari Evanescence karena ingin lebih fokus pada keluarganya. Posisi Boyd digantikan oleh Tim McCord. Tim McCord adalah gitaris sementara band Revolution Smile yang berganti instrumen gitar bass saat bergabung dengan Evanescence.
► Sebagai ajang promosi sesi pertama album The Open Door, Evanescence memulai tour pada bulan Oktober 2006 di Toronto dan Kanada serta berakhir bulan Desember 2006. Untuk tour di Amerika Serikat tampil bersama Revelation Theory serta di Kanada tampil bersama Stone Sour dan Black Maria. Dilanjutkan dengan sesi kedua, tour dimulai bulan Maret 2007 di Amerika Serikat tampil bersama Chevelle dan Finger Eleven. Di Buenos Aires, Evanescence tampil dalam festival rock bersama Aerosmith dan Velvet Revolver. Evanescence melanjutkan tour di Eropa dalam event Family Values Tour 2007 bersama KoRn. Tour promo album berakhir dengan penampilan di Kingston, Rhode Island bulan Desember 2007.
► Bulan Mei 2007 gitaris John LeCompt dipecat dari Evanescence. Selang beberapa lama disusul dengan keluarnya drummer Rocky Gray dari grup. Posisi mereka berdua akhirnya digantikan oleh drummer Will Hunt dan gitaris Troy McLawhorn untuk sementara mengisi kekosongan dalam grup.
Evanescence menggelar konser di gedung Manhattan Center Grand Ballroom, New York City tanggal 4 November 2009 bertajuk Civil Twilight. Tiket pertunjukan habis terjual dalam waktu 5 menit setelah loket dibuka.


Genres :
Gothic rock, Gothic metal, Symphonic metal

Formasi sekarang :
Amy Lee (lead vocals, piano, keyboards)
Terry Balsamo (lead guitars)
Tim McCord (bass)

Website :
www.evanescence.com

Referensi :
www.wikipedia.org





Evanescence Galeri



Evanescence Videos

Going Under


Everybody's Fool


Call Me When You're Sober


Bring Me to Life (Live Acoustic)


Evanescence Free MP3
Going Under Bring me to life Everybody's Fool
My Immortal Taking Over Me Call Me When Youre Sober
Weight of fhe World Good Enough Lithium





















0 comments more...

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Links