Demo Blog

Whitechapel

by metalrevolver on Nov.22, 2009, under



Whitechapel adalah band Amerika pengusung aliran deathcore yang berdiri pada bulan Februari 2006 di Knoxville, Tennessee. Pemrakarsa berdirinya Whitechapel adalah Phil Bozeman (vokal), Brandon Cagle (gitar), dan Ben Savage (lead gitar). Selang beberapa lama Alex Wade (gitar), Gabe Crisp (bass), dan Derek Martin (drums) juga bergabung melengkapi formasi Whitechapel diawal karirnya.
Nama Whitechapel terinspirasi dari salah satu tempat di London yang konon dijadikan tempat pembunuhan oleh Jack the Ripper. Album demo pertama Whitechapel dikerjakan pada bulan Maret 2006. Sebelum masuk industri rekaman untuk menggarap debut album Whitechapel, posisi drummer Derek Martin digantikan oleh Kevin Lane.

 Tahun 2007 Whitechapel menandatangani kontrak kerja dengan industri rekaman Siege of Amida Records di Inggris dan Candlelight Records di Amerika Utara untuk pendistribusian debut album mereka, The Somatic Defilement.

The Somatic Defilement (2007)

The Somatic Defilement merupakan debut album Whitechapel. Proses rekaman berlangsung pada awal tahun 2007 di studio The Sound Lair, Knoxville, Tennessee dan dirilis bulan Juli 2007 dibawah label Candlelight Records. Konsep album diambil dari kisah kekejaman yang dilakukan Jack the Ripper. Beberapa lagu hitsnya : "The Somatic Defilement", "Prostatic Fluid Asphyxiation", "Festering Fiesta", dan "Vicer Exciser".


► Album The Somatic Defilement merupakan satu-satunya album dengan gitaris Brandon Cagle. Brandon mengalami kecelakaan saat mengendarai sepeda motor yang mengakibatkan cacat pada pergelangan tangannya. Karena kondisi tersebut Brandon tidak mampu lagi meneruskan karir sebagai gitaris dan terpaksa keluar dari keanggotaan Whitechapel. Posisi Brandon kemudian digantikan oleh Zach Householder.
► Bulan Oktober 2007, Whitechapel teken kontrak dengan mayor label Metal Blade Records dan mulai menyiapkan materi utuk album studio keduanya.

This Is Exile (2008)

This Is Exile adalah album studio kedua Whitechapel. Proses rekaman dikerjakan di Backyard Studios, New Hampshire, Amerika Serikat dan diluncurkan pada bulan Juli 2008 dibawah label Metal Blade Records. Konsep album This Is Exile bermuatan tema politik dan anti religius. Album This Is Exile terjual sampai 5.900 keping dalam waktu satu minggu setelah rilis dan mampu menduduki peringkat #118 chart The Billboard 200. Beberapa lagu hitsnya : "This Is Exile", "Possession", "Somatically Incorrect", dan "Eternal Refuge".

► Dalam album This Is Exile juga menghadirkan musisi tamu, Guy Kozowyk (gitaris The Red Chord) dalam lagu "Exalt".
► Tahun 2008 Whitechapel berpartisipasi dalam beberapa event besar seperti The Summer Slaughter Tour bulan Mei 2008, tur bersama Impending Doom dan A Different Breed of Killer pada bulan Agustus 2008, tur The Never Say Die! tampil bersama Unearth dan Parkway Drive, serta Mayhem Festival manggung bersama Job for a Cowboy, Cannibal Corpse, Behemoth, dan The Black Dahlia Murder yang pada saat itu di posisi main stage juga tampil Slayer dan Marilyn Manson.
Whitechapel juga turut serta dalam event "Into the Mouth of Hell We Tour" tahun 2009 dan 2010 bersama Trivium dan Darkest Hour.

A New Era of Corruption (2010)

A New Era of Corruption merupakan album studio ketiga Whitechapel. Proses rekaman dikerjakan pada bulan Desember 2009 - Maret 2010 di Audio Hammer Studios, Orlando, Florida dan rilis pada bulan Juni 2010 dibawah label Metal Blade Records. Konsep musik bernuansa lebih keras dan agresif dari album-album sebelumnya. Nama album juga diambil dari salah satu lirik lagu "Possesion" dari album terdahulu, This Is Exile. Dalam waktu satu minggu setelah rilis, album A New Era of Corruption mampu terjual sampai 10.700 keping dan mampu menempati posisi #43 chart The Billboard 200. Album ini juga menempati peringkat #3 chart Top Independent Albums, #5 chart Top Hard Rock Albums, serat posisi #70 chart album di Kanada. Beberapa lagu hitsnya : "Breeding Violence", "The Darkest Day of Man", "Prayer of Mockery", dan "Necromechanical".

► Dalam album A New Era of Corruption menghadirkan beberapa musisi tamu seperti Chino Moreno (Deftones), Vincent Benett (The Acacia Strain), dan Jason Suecof.
► Bulan Desember 2010, drummer Kevin Lane memutuskan untuk meneruskan studinya dan keluar dari Whitechapel. Posisi Kevin kemudian digantikan oleh mantan drummer Knights of the Abyss, Benjamin Harclerode.
Whitechapel mengikuti beberapa tur selama tahun 2010 diantaranya : California Metal Fest IV, Warped Tour 2010, Download Festival manggung bersama Suicidal Tendencies, Your Demise, dan Crime in Stereo, serta tur keliling Amerika bersama Impending Doom, Oceano, Miss May, dan I Declare War.
► Bulan Februari dan Maret 2011, Whitechapel juga tampil dalam event The Welcome To Hell Tour bersama The Acacia Strain, Veil of Maya, Chelsea Grin, dan I Declare War.


Whitechapel (2012) 

Whitechapel adalah album studio keempat Whitechapel. Proses recording dikerjakan pada bulan Februari 2012 di Audio Hammer Studios, dan rilis pada bulan Juni 2012 dibawah bendera  Metal Blade Records. Album ini merupakan album pertama bersama drummer baru, Benjamin Harclerode. Dalam waktu satu minggu setelah rilis album Whitechapel mampu terjual sampai 9.200 keping dan menempati posisi #47 Chart Billboard 200. Beberapa lagu hitsnya: "Hate Creation", "I, Dementia", dan "Possibilities of an Impossible Existence".

► Bulan Januari dan February 2013 Whitechapel perform dalam beberapa tur keliling Eropa bersama The Plot in You, Obey the Brave, Unearth, and Emmure ( the Brothers of Brutality tour ) dan event the Don't Pray for us tour bersama Asking Alexandria, Motionless in White, Chimaira, and I Killed the Prom Queen.
► Tur keliling Eropa berakhir pada bulan Agustus 2013 untuk mempersiapkan materi baru konsep album Whitechapel selanjutnya.


Our Endless War (2014) 

 
Our Endless War merupakan album studio kelima Whitechapel. Proses penggarapan album dilaksanakan pada awal musim gugur 2013 dan rampung pada bulan Desember 2013. Album Our Endless War dirilis bulan April 2014 masih dibawah label Metal Blade Records. Album ini mampu terjual sampai 16.000 keping lebih dalam waktu satu minngu setelah rilis serta menempati posisi pertama chart Hard Rock Albums dan posisi #10 Billboard 200 di Amerika Serikat. Beberapa lagu hitsnya: "The Saw Is the Law"  (single), "Mono" (single), dan  "Our Endless War" .



Genres :
Deathcore

Formasi sekarang :
Phil Bozeman (vocals)
Gabe Crisp (bass guitar)
Ben Harclerode (drums)
Zach Householder (guitar)
Ben Savage (lead guitar)
Alex Wade (guitar)


Website :
www.thediseased.com

Referensi :
www.wikipedia.org





Whitechapel Galeri


Whitechapel Video

Possesion


This Is Exile
4 comments more...

4 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Links