Demo Blog

Chimaira

by metalrevolver on Nov.22, 2009, under ,



Chimaira adalah band pengusung aliran metalcore asal Cleveland, Amerika Serikat yang berdiri pada tahun 1998. Band ini berdiri atas prakarsa dari sang gitaris Jason Hager dan vokalis Mark Hunter, yang pada prosesnya merekrut bassis Andrew Ermlick, drummer Jason Genaro, dan gitaris band Common Thread (Sanctum), Rob Arnold, untuk melengkapi formasi dalam grup.
Album demo pertama Chimaira digarap pada bulan Januari 1999. Setelah selesai dengan album demo pertamanya, posisi Genaro digantikan oleh Andols Herrick, former drummer dari band Sanctum.

Selama tahun 1999, Chimaira menggelar konser live keliling Amerika. Pada tahun ini juga posisi Andrew Ermlick juga digantikan oleh bassis Rob Lesniak. Andrew harus keluar dari grup karena harus menyelesaikan program studinya. Chimaira merilis album EP pertamanya, This Present Darkness pada bulan Januari 2000 yang mampu terjual sampai 10.000 keping.
Setelah album demo kedua dirilis, Chimaira teken kontrak dengan Roadrunner Records untuk mulai menggarap album studio perdananya.


Pass Out of Existence (2001)

Pass Out of Existence adalah debut album Chimaira. Proses rekaman dikerjakan pada awal tahun 2001 di Third Stone, North Hollywood, California. Album Pass Out of Existence dirilis bulan Oktober 2001 dibawah label Roadrunner Records. Beberapa lagu hitsnya : "Dead Inside", "Pass out of Existence", dan "Forced Life".



► Pada proses penggarapan album ini, posisi bass diisi oleh Jim LaMarca dan Chris Spicuzza pada instrumen elektronik. Selang beberapa lama setelah beberapa tour promosi album selesai, gitaris Jason Hager memutuskan untuk keluar dari Chimaira. Hager meninggalkan karir bermusiknya untuk lebih fokus pada keluarga setelah istri Hager melahirkan. Gitaris band lokal Ascension, Matt DeVries direkrut untuk menggantikan posisi Hager.

The Impossibility of Reason (2003)

The Impossibility of Reason merupakan album studio kedua Chimaira. Proses rekaman mulai dikerjakan pada akhir tahun 2002 di Spider Studios, Strongsville, Ohio dan dirilis bulan Mei 2003 dibawah label Roadrunner Records. Album ini terjual mencapai 200.000 keping lebih di Amerika Serikat dan mampu menempati posisi #117 pada chart The Billboard 200. Album edisi khusus The Impossibility of Reason diluncurkan ke pasaran tahun 2004. Beberapa lagu hitsnya : "Pure Hatred", "Down Again", "Power Trip", dan "The Dehumanizing Process".

► Drummer Andols Herrick keluar dari Chimaira tidak lama setelah album dirilis dan jadwal tour selesai. Herrick memutuskan untuk meneruskan studi musiknya di universitas setempat.
Drummer asal Swedia, Ricky Evensand yang pernah bergabung dengan band Soilwork direkrut menggantikan posisi Herrick. Namun karena masalah visa dan sifat temperamental Evensand, diapun tidak bisa bertahan cukup lama dalam grup. Evensand segera digantikan oleh mantan drummer band death metal Dying Fetus dan Misery Index, Kevin Talley.
► Dokumentasi proses penggarapan album The Impossibility of Reason terdapat dalam album live DVD, Dehumanizing Process yang dirilis bulan Oktober 2004.

Chimaira (2005)

Chimaira adalah album studio ketiga Chimaira. Rekaman dikerjakan pada akhir tahun 2004 sampai awal tahun 2005 dan dirilis bulan Agustus 2005 dibawah label Roadrunner Records. Album Chimaira mampu menempati posisi #74 pada chart The Billboard 200. Beberapa lagu hitsnya : "Nothing Remains", "Salvation", dan "Lazarus".



► Album Chimaira adalah satu-satunya album yang menampilan performa Kevin Talley sebagai drummer, karena pada awal tahun 2006 Andols Herrick bergabung kembali bersama Chimaira. Kevin Talley keluar secara baik-baik dan meneruskan karirnya sebagai drummer beberapa band metal seperti Misery Index dan The Red Chord.
Chimaira berpartisipasi dalam tour Sounds of the Underground yang diselenggarakan pada tahun 2005.

Resurrection (2007)

Resurrection merupakan album studio keempat Chimaira. Proses rekaman dikerjakan selama tahun 2006 dan dirilis bulan Maret 2007. Album Chimaira menjadi album terakhir kerjasama Chimaira dengan label Roadrunner Records. Chimaira teken kontrak dengan Ferret Records untuk penggarapan album keempatnya dan untuk pemasaran secara internasional bekerjasama dengan label Nuclear Blast. Album Resurrection mampu terjual sampai 16.000 keping lebih pada minggu pertama setelah rilis serta menempati peringkat #42 pada chart The Billboard 200. Beberapa lagu hitsnya : "Resurrection", "No Reason to Live", "Paralyzed", dan "Needle".

Chimaira tidak memenuhi panggilan untuk tampil pada tour the Eastpack Antidote. Band seperti Soilwork, Caliban, dan Sonic Syndicate ikut berpartisipasi dalam event tersebut, sedang Chimaira digantikan oleh Dark Tranquillity.

The Infection (2009)

The Infection adalah album studio kelima Chimaira. Proses rekaman dikerjakan pada bulan September - Desember 2008 bertempat di Spider Studios, Strongsville, Ohio dan dirilis bulan April 2009 dibawah label Ferret Music dan Nuclear Blast. Dalam minggu pertama setelah rilis, album The Infection terjual sampai 15.000 keping lebih dan mampu menempati posisi #30 pada chart The Billboard 200. Beberapa lagu hitsnya : "Coming Alive", "Secrets of the Dead", "On Broken Glass", dan "Destroy and Dominate".

► Bulan Maret 2009 Chimaira tampil dalam event Dubai Desert Rock Festival di Dubai.
► Tahun 2010 Chimaira berpartisipasi dalam beberapa tour. Tour keliling Australia bersama Double Dragon, bulan Maret 2010 tour di Inggris bersama Trivium dan Whitechapel, serta Mayhem Festival bersama Hatebreed, Shadows Fall, dan Winds of Plague.


Genres :
Metalcore, Nu metal

Formasi sekarang :

Mark Hunter (vocals)
Matt DeVries (rhythm guitar)
Rob Arnold (lead guitar)
Jim LaMarca (bass)
Andols Herrick (drums)
Chris Spicuzza (keyboards, samples, backing vocals)

Website :
www.chimaira.com

Refernsi :
www.wikipedia.org


Chimaira Galeri






Chimaira Videos

Destroy and Dominate


Resurrection


Sp Lit


Down Again




Chimaira Free MP3
No Reason to Live Cleanstation Lazarus
Paralyzed Power Trip Nothing Remains
Pure Hatred The Dehumanizing Process Salvation












0 comments more...

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Links