Demo Blog

Soilwork

by metalrevolver on Nov.22, 2009, under



Soilwork adalah band pengusung aliran melodic death metal yang berdiri tahun 1995 di Helsinborg, Swedia. Vokalis Björn "Speed" Strid dan gitaris Peter Wichers semula tergabung dalam band Inferior Breed yang banyak membawakan lagu-lagu beraliran speed metal. Tahun 1996 nama band diubah menjadi Soilwork dan merekrut gitaris Ludvig Svartz serta drummer Jimmy Persson. Album demo Soilwork, In Dreams We Fall into the Eternal Lake selesai digarap dan diserahkan kepada gitaris Arch Enemy, Michael Amott. Pada akhirnya, Soilwork teken kontrak dengan Listenable Records dan mulai menyiapkan materi untuk debut albumnya. Tahun 1998, Soilwork merekrut keyboardist Carlos Del Olmo Holmberg dan bassis Ola Flink.


Steelbath Suicide (1998)

Steelbath Suicide adalah debut album Soilwork. Proses rekaman dikerjakan pada awal tahun 1998 di Studio Fredman, Swedia dan dirilis bulan Mei 1998 dibawah label Listenable Records serta dirilis ulang tahun 2000 dibawah label Century Media. Beberapa lagu hitsnya : "Sadistic Lullabye", "Steelbath Suicide", dan "Demon in Veins".



► Karena ada sedikit perbedaan konsep bermusik dalam grup, selang beberapa lama setelah album Steelbath Suicide rilis, gitaris Ludvig Svartz dan drummer Jimmy Persson keluar dari Soilwork. Posisi mereka digantikan oleh drummer Henry Ranta dan paman Peter Wichers, Ola Frenning menggantikan posisi Ludvig.
► Sebagai ajang promo album, Soilwork mengikuti beberapa tur di Eropa bersama Darkane, Naglfar, dan Krisiun.

The Chainheart Machine (2000)

The Chainheart Machine merupakan album studio kedua Soilwork yang dirilis bulan Februari 2000 dibawah label Listenable Records serta album Re-issue diluncurkan bulan November 2008 dibawal label Century Media. Beberapa lagu hitsnya : "Neon Rebels", "Machinegun Majesty", dan "Generation Speedkill (Nice Day for a Public Suicide)".


► Album The Chainheart Machine membawa dampak yang baik untuk perkembangan karir Soilwork. Mayor label Nuclear Blast siap menjalin kerjasama dengan Soilwork untuk penggarapan album studio selanjutnya.

A Predator's Portrait (2001)

A Predator's Portrait adalah album studio ketiga Soilwork. Proses rekaman dikerjakan pada bulan September-Oktober 2000 di Studio Fredman dan DHS-Studios, Swedia. Album ini dirilis bulan Februari 2001 dibawah label Nuclear Blast. Album A Predator's Portrait merupakan album transisi yang membawa Soilwork ke deretan band besar melodic death metal Swedia. Dalam album ini juga pertama kalinya Björn Strid melantunkan tehnik clean vocal daripada album-album sebelumnya yang mayoritas bergaya vokal screaming. Beberapa lagu hitsnya : "Bastard Chain", "Neurotica Rampage" dan "Structure Divine".

► Dalam album A Predator's Portrait juga menghadirkan musisi tamu seperti Mikael Åkerfeldt (Opeth) dan Mattias IA Eklundh (Freak Kitchen)
Soilwork tampil dalam event Wacken Open Air Festival tahun 2001 bersama Annihilator dan Nevermore.
► Seteleah album A Predator's Portrait diluncurkan, keyboardist Carlos Del Olmo Holmberg memutuskan keluar dari Soilwork dan digantikan oleh Sven Karlsson.

Natural Born Chaos (2002)

Natural Born Chaos adalah album studio keempat Soilwork. Proses rekaman berlangsung pada bulan Oktober - Desember 2001 di Studio Fredman dan rilis bulan Maret 2001 dibawah label Nuclear Blast. Dalam album ini juga dibantu beberapa musisi lain seperti Devin Townsend (Strapping Young Lad) dan Mattias IA Eklundh (Freak Kitchen). Beberapa lagu hitsnya : "As We Speak", "Black Star Deceiver", dan "No More Angels".

► Sebagai ajang promosi album, Soilwork mengadakan tur keliling Eropa dan Amerika tampil bersama Hypocrisy, Scar Culture, Unearth, Chimaira, Killswitch Engage selama musim panas tahun 2002, dan dilanjutkan penampilan bersama In Flames saat musim gugur ditahun yang sama.

Figur Number Five(2003)

Figur Number Five merupakan album studio kelima Soilwork. Proses rekaman dikerjakan di tiga tempat yang berbeda. Untuk sesi take gitar dan keyboards di Queenstreet Recording (Desember 2002 - Januari 2003), sesi take drums di Dug-Out Productions (Januari 2003), dan sesi take vokal dan bass dilaksanakan di Studio Fredman (Januari - Februari 2003). Album Figur Number Five dirilis bulan April 2003 dibawah label Nuclear Blast. Konsep musik dalam album Figur Number Five lebih bernuansa alternative metal dengan banyak pemakaian sound keyboards, melodi-melodi yang ringan, serta menampilkan efek sound yang sedang tren dikalangan band-band death metal Swedia. Album ini menduduki peringkat #54 chart album di Jerman tahun 2003. Beberapa lagu hitsnya : "Rejection Role", "Light the Torch", dan "Figure Number Five".

► Awal bulan Juni 2003, drummer Henry Ranta memutuskan untuk keluar dari Soilwork dan posisinya digantikan oleh Richard Evensand satu minggu kemudian.
► Setelah album Figure Number Five rilis, Soilwork mengikuti tur di Amerika Utara bersama Chimaira, In Flames, dan Unearth. Pada bulan September 2003, Soilwork tur di Jepang tampil bersama Children of Bodom. Di awal tahun berikutnya, Soilwork kembali tur keliling Amerika Utara bersama Chimaira, Bleeding Through, dan As I Lay Dying.
► Setelah selesai tur di Amerika, Richard Evensand keluar dari Soilwork untuk menggantikan posisi drummer Andols Herrick yang baru saja keluar dari Chimaira. Posisi Richard digantikan oleh Dirk Verbeuren (Scarve).
► Awal tahun 2004, vokalis Björn Strid berkolaborasi dengan band metal asal Italia, Disarmonia Mundi. Pada bulan April 2004, Soilwork memperpanjang kontrak kerja dengan Nuclear Blast dan mengikuti tur di Australia bersama Anthrax, Embodiment, dan Killswitch Engage. Dilanjutkan pada pertengahan tahun 2004, Soilwork tur di Jepang bersama Dark Tranquillity.

Stabbing the Drama (2005)

Stabbing the Drama merupakan album studio keenam Soilwork. Proses penggarapan album dikerjakan di Fascination Street Studios dan rilis pada bulan Februari 2005 dibawah label Nuclear Blast. Konsep musik dalam album Stabbing the Drama menghadirkan kembali konsep-konsep lama pada album terdahulu dengan perpaduan sound modern. Album ini mulai menuai sukses serta mampu menduduki peringkat #19 chart album di Finlandia, #14 chart album di Swedia, #52 chart album di Jerman, dan posis #12 chart Billboard Heatseeker. Beberapa lagu hitsnya : "Stabbing the Drama", "Nerve", dan "Weapon of Vanity".

Soilwork juga berpartisispasi dalam event Ozzfest 2005 dan dilanjutkan tampil bersama Fear Factory pada bulan November 2005.
► Album Stabbing the Drama merupakan album terakhir dengan penampilan gitaris Peter Wichers yang memutuskan untuk keluar dari Soilwork pada akhir tahun 2005 karena permasalahan pribadi. Di saat yang sama, Björn Strid kembali mengerjakan proyek album kedua bersama band Disarmonia Mundi. Posisi Peter Wichers digantikan oleh Daniel Antonsson pada bulan Mei 2006.
► Bulan September 2006, Soilwork gagal manggung di Turki yang disebabkan serangan teroris dan teror bom yang terjadi pada saat itu.
► Bulan Oktober 2006, Soilwork mengikuti tur keliling Amerika Utara bersama Threat Signal, Darkest Hour, dan Mnemic.

Sworn to a Great Divide (2007)

Sworn to a Great Divide adalah album studio ketujuh Soilwork. Rilis di Amerika dan Eropa bulan Oktober 2007 dibawah label Nuclear Blast. Proses rekaman berlangsung selama bulan Maret - Juni 2007 di Not Quite Studios, Helsinborg, Swedia. Konsep musik dalam album Sworn to a Great Divide lebih dominan bernuansa trash metal. Album ini menuai sukses yang luar biasa, terbukti dengan hasil penjualan album mencapai angka 5000 keping dalam waktu satu minggu setelah rilis. Album ini juga mampu mencapai posisi #148 chart the Billboard 200, #2 chart Top Heatseekers, #19 chart album di Finlandia, dan #25 chart album di Swedia. Beberapa lagu hitsnya : "Exile", "20 More Miles", dan "Your Beloved Scapegoat".

► Musim gugur 2007, Soilwork tampil dalam event Eastpak Antidote tour bersama Caliban, Sonic Syndicate, dan Dark Tranquillity.
Soilwork juga berpartisipasi dalam tur keliling Amerika yang berlangsung pada bulan November - Desember 2007 dengan penampilan utama Lamb of God, Killswitch Engage, dan DevilDriver. Tour ini berakhir dengan penampilan mereka di Santa Ana Star Center, Rio Rancho, New Mexico.
► Bulan Februari 2008. pihak official Soilwork mengeluarkan pernyataan pengunduran diri gitaris Ola Frenning dan digantikan oleh Sylvian Coudret. Bulan September 2008 pihak official juga mengumumkan kembalinya gitaris Peter Wichers menggantikan Daniel Antonsson. Selang beberapa lama Sylvian Coudret juga dinyatakan sebagai gitaris tetap Soilwork.

The Panic Broadcast (2010)

The Panic Broadcast adalah album studio kedelapan Soilwork. Proses penggarapan dikerjakan pada bulan Januari - April 2010 dan dirilis bulan Juli di Eropa dan Amerika Serikat dibawah label Nuclear Blast. Konsep musik pada album The Panic Broadcast banyak mengadopsi nuansa blues serta riff bluegrass seperti pada lagu "The Thrill". Album ini menduduki peringkat #88 chart the Billboard 200 serta posisi #24 chart album di Jerman tahun 2010. Beberapa lagu hitsnya : "Deliverance Is Mine", "The Thrill", dan "Let This River Flow".



Genres :
Melodic death metal, Aiternative metal

Formasi sekarang :

Björn "Speed" Strid (vocals)
Peter Wichers (lead guitar)
Ola Flink (bass guitar)
Sven Karlsson (keyboards)
Dirk Verbeuren (drums)
Sylvain Coudret (rhythm guitar)

Website :
www.soilwork.org

Referensi :
www.wikipedia.org





Soilwork Galeri







Soilwork Video

Nerve


Stabbing the Drama


Exile
1 comments more...

1 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Links