Demo Blog

Children of Bodom

by metalrevolver on Nov.22, 2009, under




Children of Bodom adalah band melodic death metal yang berasal dari Espoo, Finlandia dan terbentuk pada tahun 1993. Terinspirasi dari dua orang musisi, gitaris Alexi "Whildchild" Laiho dan drummer Jaska Raatikainen yang pada saat itu tergabung dalam band IneartheD. Mereka berdua sudah berteman semenjak kecil dan sama-sama tertarik terhadap aliran musik heavy metal, khususnya death metal. Setelah bassis Samuli Miettinen bergabung, IneartheD memulai proses rekaman album demo pertamanya, Implosion of Heaven pada bulan Agustus 1993.

Samuli berperan sebagai pencipta lagu pada beberapa lagu IneartheD, namun karena dia harus hijrah bersama keluarganya ke Amerika Serikat terpaksa dia harus keluar dari grup tahun 1995. Sebagai kontribusinya terhadap IneartheD, Samuli menulis beberapa lirik lagu untuk materi album demo kedua, Ubiquitous Absence of Remmision.
Dalam perkembangannya sampai mendekati awal tahun 1996, bergabunglah para musisi lain seperti Alexander Kuoppala pada rhythm gitar, Henkka "Blacksmith" Seppälä pada posisi bass menggantikan Samuli, serta Jani Pirisjoki pada keyboards. IneartheD kemudian memulai proses penggarapan album demo ketiganya, Shining.
Karena Pirisjoki sering absen dalam latihan, fungsi dan peran aktif dia didalam grup semakin diragukan. Maka pada akhirnya Pirisjoki dipecat dan posisinya digantikan oleh seoarang pianis jazz, Janne "Warman" Wirman. Bersama Wirman, IneartheD sukses menyelesaikan penggarapan album debut mereka, Something Wild. Nama grup diubah menjadi Children of Bodom setelah terjalin hubungan kerja dengan Spinefarm Records sebagai label pendistribusian album.

Something Wild (1997)

Something Wild adalah debut album Children of Bodom. Proses rekaman berlangsung selama bulan Juli - Agustus 1997 di Astia Studios dan dikerjakan secara mandiri. Dirilis oleh Spinefarm Records di Finlandia bulan November 1997 serta diperluas di Eropa dibawah label Nuclear Blast.
Konsep album merupakan perpaduan dari sound death metal dan black metal, lirik lagu mengalir bebas, serta konsep rock neo-klasik terasa sangat kuat. Album Something Wild mampu menduduki posisi #20 pada chart Finlandia serta mendapat sertifikasi Gold dari IFPI. Beberapa lagu hitsnya: "Deadnight Warrior", "In The Shadows", dan "Children of Bodom".

► Children of Bodom memulai tur Eropa pada bulan Februari 1998 bersama Hypocrisy, The Kovenant, dan Agathodaimon. Selama tur Eropa posisi keyboards diisi oleh seorang pianis, Erna Siikavirta karena Wirman sedang berkonsentrasi pada penyelesaian studinya.

Hatebreeder (1999)

Hatebreeder merupakan album studio kedua Children of Bodom. Proses rekaman dikerjakan pada bulan Desember 1998 - Januari 1999 di Astia Studios dan dirilis bulan April 1999 dibawah label Spinefarm Records/Nuclear Blast. Album Hatebreeder "Dulux edition" dirilis ulang tahun 2008.
Konsep album bernuansa lebih klasik, sound keyboards banyak berperan dengan permainan yang lebih panjang, gaya vokal Alexi lebih bernuansa black metal, serta riff gitar bercorak power metal juga disuguhkan dalam materi album ini. Album Hatebreeder membawa efek yang luar biasa, terbukti dengan prestasi album menempati posisi teratas pada beberapa chart di Eropa. Single hits album ini : "Children of Bodom" dan "Downfall"

► Kesuksesan album Hatebreeder dan single "Downfall" di pasaran, membawa Children of Bodom menjadwalkan tiga konser di Jepang bersama In Flames dan Sinergy.
► Dua jadwal manggung Children of Bodom di Jepang direkam dalam album live "Tokyo Warhearts".

Follow the Reaper (2000)

Follow the Reaper adalah album studio ketiga Children of Bodom yang digarap bulan Agustus - September 2000. Untuk album ketiga ini proses rekaman dikerjakan di studio Abyss, Swedia dan dirilis bulan Oktober 2000 dibawah label Spinefarm Records/Nuclear Blast.
Konsep album Follow the Reaper menghadirkan nuansa lama seperti pada album sebelumnya, Hatebreeder. Lebih banyak bernuansa black metal, power metal, dan symphonic metal, dominasi sound keyboards dan vokal, serta irama yang dimainkan dengan tempo yang cepat. Beberapa lagu hitsnya : "Everytime I Die", "Hate Me!", "Mask of Sanity", dan "Kissing the Shadows".

Hate Crew Deathroll (2003)

Hate Crew Deathroll merupakan album keempat Children of Bodom. Proses rekaman dikerjakan pada bulan Agustus - September 2002 dan rilis bulan Januari 2003 dibawah label Spinefarm Records/Century Media.
Konsep album Hate Crew Deathroll berorintasi pada karakter power metal dan classic metal, pemakaian sound yang lebih sederhana, serta dominasi sound gitar lebih banyak berperan daripada keyboards.
Album ini mampu menempati posisi teratas pada chart Finnish Albums, #74 chart France Albums, #36 chart Sweden Albums, dan mendapat sertifikasi gold dari IFPI tahun 2003. Beberapa lagu hitsnya : "Needled 24/7", "Sixpounder", "Bodom Beach Terror", dan "Hate Crew Deathroll".

► Sebagai ajang promosi album, Children of Bodom menggelar beberapa tour. Karena kepentingan pribadi, gitaris Alexander Kuoppala memutuskan untuk keluar dari grup dan posisinya digantikan oleh gitaris Stone, Roope Latvala.
► Bulan Januari 2003, pada ajang Metal Music Awards di Finlandia menobatkan Children of Bodom sebagai Finnish Band of the Year 2003.

Are You Dead Yet? (2005)

Are You Dead Yet? adalah album studio kelima Children of Bodom yang dirilis oleh Spinefarm Records khusus di Finlandia 14 September 2005 dan rilis internasional 19 September 2005 dibawah label Century Media. Proses recording dikerjakan pada bulan April - Mei 2005.
Konsep album Are You Dead Yet? lebih dominan bernuansa power metal, pemakaian sound yang lebih simple dengan irama bertempo lambat, serta dominasi instrumen gitar dengan riff bernuansa industrial. Album ini mendapat reaksi yang luar biasa, mampu menempati peringkat teratas di chart Finnish Albums dan dianugerahi sertifikasi Gold dari IFPI, #16 di Jerman, serta #7 di Jepang. Single hits dari album ini : "Trashed, Lost & Strungout" dan "In Your Face".

► Album DVD live, Chaos Ridden Years - Stockholm Knockout Live, dirilis bulan Desember 2006 dan direkam saat live performance Children of Bodom di Stockholm, Swedia bulan Februari 2006.
► Bulan Juni 2006, Children of Bodom tampil bersama Lamb of God, Slayer, In Flames dan Mastodon pada event The Unholy Alliance Tour di Amerika dan Eropa.
► Bulan Januari 2007, Alexi Laiho mengalami kecelakaan pada saat bermain bowling yang mengakibatkan dia harus dirawat selama 2 bulan. Karena kondisi ini Children of Bodom terpaksa membatalkan jadwal konser yang sudah dijadwalkan pada awal tahun 2007.

Blooddrunk (2008)

Blooddrunk adalah album studio keenam Children of Bodom, rilis bulan April 2008 dibawah label Spinefarm Records dan digarap selama bulan Oktober - Desember 2007.
Konsep album bernuansa trash metal dengan sound yang lebih progresif. Album ini terjual sampai 20.000 keping dalam waktu 1 minggu setelah rilis, mampu menempati posisi #22 pada chart The Billboard 200, #1 Finnish Albums Chart, serta menyabet penghargaan Gold dari IFPI. Beberapa single hitsnya : " Blooddrunk", "Hellhounds on My Trail", dan "Smile Pretty For The Devil".

► Selama tahun 2008, Children of Bodom mengikuti beberapa event besar. Gigantour 2008 North American tampil bersama Megadeth, In Flames, dan Job for a Cowboy, dilanjutkan Wacken Open Air 2008 bersama Iron Maiden, Sonata Arctica, dan Avantasia, serta tour Eropa bersama Slipknot dan Machine Head pada bulan November - Desember 2008.
► Awal tahun 2009, Children of Bodom mengawali tour Eropa bersama Cannibal Corpse dan Diablo. Dilanjutkan event No Fear Energy Tour bersama Lamb of God, As I Lay Dying, dan God Forbid.

Skeletons in the Closet (2009)

Skeletons in the Closet merupakan kompilasi cover album pertama Children of Bodom yang dirilis dibawah label Spinefarm Records pada bulan September 2009. Cover album dari beberapa lagu populer pada era sebelumnya yang diaransemen ulang. Beberapa hitsnya : "Oops! I Did It Again" (Britney Spears cover), "Mass Hypnosis"(Sepultura cover), "War Inside My Head" (Suicidal Tendencies cover), dan "Silent Scream" (Slayer cover).



Genres :
Melodic death metal, Power metal, Extreme metal

Formasi sekarang :
Alexi Laiho (lead vocals, lead guitar)
Roope Latvala (rhythm guitar, backing vocals)
Henkka Seppälä (bass, backing vocals)
Janne Wirman (keyboards)
Jaska Raatikainen (drums, percussion)

Website :
www.cobhc.com

Referensi :
www.wikipedia.org





Children of Bodom Galeri


















0 comments more...

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Links