Demo Blog

Slipknot

by metalrevolver on Nov.22, 2009, under



Slipknot adalah band pengusung Nu Metal asal Des Moines, Iowa yang berdiri pada tahun 1995.
Kronologi terbentuknya Slipknot diawali dengan berdirinya band metal "Painface" pada tahun 1992, dengan formasi Shawn Crahan (drums), Anders Colsefini (vokal), Paul Grey (bass), Donnie Steele (gitar) dan Quan Nong (gitar).

September 1995 nama band diubah menjadi "The Pale Ones" dan "Meld" pada Desember 1995. Masih dengan personil yang sama, namun tanpa kehadiran Quan Nong. Joey Jordison bergabung pada posisi drums, Crahan mengisi posisi perkusi, Josh Brainard direkrut mengisi posisi gitar #2, dan Colsefini mengisi perkusi sekaligus sebagai lead vokal. Mate. Feed. Kill. Repeat. adalah album demo pertama mereka dimana nama "Slipknot" diambil dari salah satu judul lagu dalam album ini.
Sejak awal karir, Slipknot mencoba bereksperimen dalam konsep performance mereka. Penggunaan make up yang unik serta konsep anti image dengan topeng, menjadi pilihan mereka dalam berbagai penampilannya.

Mate. Feed. Kill. Repeat. (1996)

Mate. Feed. Kill. Repeat. merupakan album demo pertama Slipknot. Proses rekaman dilakukan di studio lokal di Des Moines, SR Audio yang dimulai pada akhir tahun 1995 dan dirilis Oktober 1996.
Pengaruh jazz, funk, dan disco sangat dominan dalam beberapa track lagunya. Berbagai elemen instrumen tambahan diuji coba untuk menghasilkan sound yang lebih hidup dalam materi album. Pemakaian perkusi tambahan dan samples dipilih sebagai instrumen pelengkap yang digunakan dalam proses mixing.
Pembiayaan produksi dan pendistribusian album dilakukan secara mandiri, dengan hanya mampu diproduksi sebanyak 1000 keping saja. Sehingga pada saat karir Slipknot mulai memuncak, album Mate. Feed. Kill. Repeat. menjadi salah satu album yang paling banyak dicari karena jumlahnya yang terbatas itu. Beberapa hitsnya : "Slipknot", "Gently", "Confessions", dan "Some Feel"

► Februari 1996, gitaris Donnie Steele memutuskan keluar dari grup dan digantikan Craig Jones. Kemudian digantikan lagi oleh Mick Thomson, sedangkan Craig mengisi posisi sampler.
Seteleh peluncuran album Mate. Feed. Kill. Repeat., Corey Taylor direkrut pada posisi lead vokal, sedangkan Colsefini beralih sebagai backing vokal dan perkusi. Namun setelah selesai show mereka di Safari Club, Colsefini mengumumkan bahwa dia akan mengundurkan diri dari grup. Sekeluarnya Colsefini, posisi percusi diisi oleh Greg Welts.
► Akhir tahun 1997, Slipknot menciptakan konsep baru perihal gaya kostum personalnya, yaitu dengan seragam tertutup seluruh badan dan pemberian nomor urut pada tiap anggota grup.
► Awal tahun 1998, Slipknot mengerjakan proyek album demo kedua. Sid Wilson bergabung untuk mengisi posisi turntables dan Welts dikeluarkan dari grup pada bulan Juli 1998 yang kemudian digantikan oleh Chris Fehn.

Slipknot (1999)

Slipknot adalah album studio pertama dibawah label Roadrunner Records. Proses rekaman dikerjakan di studio Indigo Ranch, Malibu, California pada akhir tahun 1998 dan diluncurkan bulan Juni 1999.
Album Slipknot menyajikan konsep yang berbeda. Permainan perkusi yang menghasilkan sound yang berat dan powerful menjadi kekuatan konsep album perdana ini. Album Slipknot menduduki posisi 51 pada chart the Billboard 200 serta mendapat penghargaan sertifikat Double Platinum dari RIAA tahun 2001. Beberapa lagu hitsnya: "Spit It Out", "Wait & Bleed", "Sic", dan "Surfacing".

► Pada pertengahan sesi penggarapan album, Josh Brainard memutuskan keluar dari grup karena kepentingan keluarga dan posisinya digantikan oleh Jim Root pada bulan Desember 1999.

Iowa (2001)

Iowa merupakan album studio kedua Slipknot. Proses penggarapan album berlangsung pada awal tahun 2001 dan proses mixing dilakukan di studio Sound City and Sound Image, Van Nuys, Los Angeles. Album Iowa diluncurkan bulan Agustus 2001 dibawah label Roadrunner Records.
Album Iowa membawa konsep yang lebih gelap dan berat daripada konsep album sebelumnya, Slipknot. Kombinasi sound perkusi, distorsi gitar, serta sound-sound efek sangat rapat mengisi tiap celah pada tiap lagunya. Iowa berhasil menduduki peringkat #3 chart The Billboard 200 tahun 2001, #1 UK Albums Chart, serta penghargaan sertifikat Platinum dari RIAA tahun 2002. Beberapa lagu hitsnya : "Disasterpiece", "The Heretic Anthem", "People = Shit", "Left Behind", dan "My Plague".

► Berbagai kebiasaan buruk beberapa personil, seperti pengaruh alkohol dan ketergantungan obat menjadi pukulan yang berat bagi Slipknot pada periode ini. Kondisi yang tidak stabil sangat mempengaruhi hubungan baik pada tiap personilnya. Situasi ini juga yang dijadikan materi album Iowa terkesan lebih berat, penuh kebencian, dan amarah.
Tekanan berat dari pihak manajemen grup terhadap Jim Root juga sangat terasa. Sebagai personil baru, dia diharapkan mampu tampil lebih maksimal dalam penggarapan materi album kedua Slipknot ini. Mengingat pada album sebelumnya, Root hanya berperan dalam dua buah lagu.

Vol. 3: (The Subliminal Verses) (2004)

Vol. 3: (The Subliminal Verses) adalah album studio ketiga Slipknot dibawah label Roadrunner Records. Namun tidak seperti album-album sebelumnya yang ditangani oleh Ross Robinson, untuk album ini Rick Rubin yang bertindak sebagai produser rekaman album. Proses rekaman berlangsung pada akhir tahun 2003. Dirilis dua periode, yang pertama pada bulan Mei 2004 dan bulan April 2005 merilis album edisi khusus yang terdapat beberapa track bonus lagu didalamnya.
Karena kondisi keuangan, Roadrunner Records tidak mampu untuk mendistribusikan album sampai ke Scandinavia. Maka dari itu Slipknot teken kontrak dengan Nuclear Blast Records untuk menangani peluncuran album ketiganya di Scandinavia.
Album Vol. 3: (The Subliminal Verses) berkonsep lebih eksperimental, tradisional, melodic, dan halus dibandingkan dengan album sebelumnya. Walaupun pada beberapa lagu lain masih kental dengan ciri khas permainan Slipknot yang powerful dan berat.
Album ini mampu menduduki posisi #2 chart The Billboard 200 dan #2 Top Internet Albums tahun 2004, menyabet penghargaan Platinum dari RIAA tahun 2005, serta pemenang Grammy Award nominasi Best Metal Performance untuk lagu "Before I Forget" tahun 2006. Beberapa lagu hitsnya : "Vermilion", "Duality", "Before I Forget", "The Blister Exists", dan "The Nameless".

All Hope Is Gone (2008)

All Hope Is Gone adalah album studio keempat Slipknot. Ditangani oleh produser Dave Fortman dan proses rekaman dikerjakan pada bulan Februari - Juni 2008 di studio Sound Farm, Jamaica, Iowa. Dirilis juga dalam dua versi, album standar dan edisi khusus yang juga terdapat beberapa track bonus lagu didalamnya. Peluncuran album dibawah label Roadrunner Records dan Nuclear Blast Records pada bulan Agustus 2008.
Album All Hope Is Gone menjadi menjadi album yang paling sukses dari semua album yang sudah diproduksi sebelumnya. Dibuktikan dengan penjualan album mencapai lebih dari 800.000 keping hanya di U.S, menduduki posisi #1 chart The Billboard 200 dan #1 Canadians Albums Chart tahun 2008, penghargaan sertifikat Gold Platinum dari RIAA, serta #1 the Hot 100 Mainstream Rock untuk single "Dead Memories".
Konsep album mengadopsi unsur tradisional dan melodic pada album sebelumnya, Vol. 3: (The Subliminal Verses) yang dipadukan dengan elemen hard rock, trash metal, dan elektronik modern. Beberapa lagu hitsnya : "Dead Memories", "Psychosocial", "All Hope Is Gone", "Sulfur", dan "Snuff".

► Semua personil berpartisipasi dalam proses penulisan lirik. Semua itu menunjukkan bahwa diluar konflik yang terjadi dalam tubuh Slipknot, masih ada solidaritas untuk mencapai kesuksesan bersama.

Kematian Paul Grey

Tanggal 24 Mei 2010 bassis Slipknot, Paul Grey ditemukan tewas di salah satu kamar hotel Towneplace Suites, Urbandale, Iowa pada pukul 10:50 waktu setempat. 21 Juni 2010 hasil otopsi tim dokter menemukan penyebab kematian Grey yang disebabkan karena overdosis morfin dan ventanyl.






Genres :

Heavy metal, Alternative metal, Nu metal

Formasi sekarang :

(#0) Sid Wilson (turntables)
(#1) Joey Jordison (drums, percussion)
(#2) Paul Gray (bass, backing vocals) (R.I.P)
(#3) Chris Fehn (custom percussion, backing vocals)
(#4) James Root (guitars)
(#5) Craig "133" Jones (samples, media)
(#6) Shawn "Clown" Crahan (custom percussion, backing vocals)
(#7) Mick Thomson (guitars)
(#8) Corey Taylor (lead vocals)

Website :
www.slipknot1.com

Referensi :
www.wikipedia.org







Slipknot Galeri



Slipknot Video

Psychosocial

Dead Memories

Before I Forget






4 comments more...

4 comments

  • Anonymous

    KEREN BRO!!!
    sekedar saran:
    mari kita jadikan blog ini untuk mempromosikan band2 lokal indonesia,semua orang tau SLIPKNOT, SEPULTURA, OBITUARY, DLL. info about them juga bisa dicari di wikipedia..jadi kalo blog ini bisa memuat tentang TENGKORAK, TOTAL TRAGEDY dan band2 lokal lain pasti akan bisa lebih bermanfaat karena info tentang mereka juga sulit didapat.
    I'LL SUPPORT U BRO..

    EMTEE BLACKMORE
    THE NOISE MAKER

  • metalrevolver

    Thanks bgt masukannya mas EMTEE, segera akan sy kupas tentang band2 Indonesia...sambil jalan akan kumpulkan dulu info2nya.. Sementara ini sy infokan dulu tentang band2 manca untuk para metalizer Indonesia..Semoga bermanfaat..Matur nuwun

  • arie

    cadaz abizzzzzzzzzzzzzz.........
    moga ja banyax metalizer yang ngunjungin blog ini....
    gwe setuju ma emtee,kalo bisa ma all about band2 lokal ya bozz???hehehehew....

    gwe dah ga sabar nunggu info2 berikutnya.....

    the last word....salam 3 jari....!!!!!!
    arrrrrrrrgggggggghhhhhhhhhh.....

    ARIENYAMOEX
    MINORITY CREW<<<

Post a Comment

Powered by Blogger.

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Links